Jemaah Majelis Taqorub Ilallah Garut Lebaran Lebih Awal

Jemaah Majelis Taqorub ILallah laksanakan salat Idul Fitri, Selasa, 4 Juni 2019.
Sumber :
  • Diki Hidayat

VIVA – Walaupun Pemerintah telah mengumunkan 1 Syawal jatuh Rabu 5 Juni 2019 besok, namun Sebagian umat Islam di Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah melaksanakan salat Idul Fitri di lapangan Sarana Olah Raga (SOR) Kerkhoff Garut. Mereka adalah jemaah Majelis Taqorub Ilallah dan meyakini 1 Syawal 1440 Hijriyyah jatuh hari ini, Selasa 4 Juni 2019.

Mudik di Desa Penari

Salah seorang jemaah Majelis Tarqorub Ilallah, Opek Romansyah, mengatakan bahwa mereka menggunakan rukhiyyatull hilal global. mereka mengikuti hitungan global, hilal sudah terlihat di sejumlah negara seperti Arab Saudi serta sejumlah negara di Timur Tengah, Afrika dan Amerika.

"Sehingga kami hari ini melaksanakan salat Sunat Idul Fitri karena hari 1 Syawal 1440 H," ujarnya, Selasa 4 Juni 2019.

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

Jemaah Majelis Taqorub ILallah laksanakan salat Idul Fitri, Selasa, 4 Juni 2019.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan salat Idul Fitri berjalan cukup khidmat, gema takbir terus berkumandang sepanjang proses pelaksanaan salat Ied. Selain jemaah laki-laki juga terlihat jemaah perempuan memenuhi lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri di SOR Kerkhoff Garut, termasuk anak-anak.

Kemenkes Yakin Omicron Siluman Tak Bikin Lonjakan Kasus Jelang Lebaran

"Ya kami yang hari ini ikut melaksanakan salat Ied sekitar 500 hingga 600 orang," ungkap Apek.

Lanjut Apek, seperti biasa usai melaksanakan salat Ied dua rakaat, jemaah kemudian mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh ustaz yang ditunjuk. Selepas itu, mereka saling bersalaman dan bercengkerama satu sama lain.

"Alhamdulillah pelaksanaan salat Ied dan yang lainnya sudah selesai," katanya.

Sementara itu berdasarkan informasi, di Kabupaten Garut terdapat lima titik yang melaksanakan salat Idul Fitri hari ini. Seluruh tempat tersebut berada di Kecamatan Cigedug, Cikajang, Wanaraja dan Kecamatan Tarogong Kidul Garut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya