Jokowi Bawa Jan Ethes Naik Andong dari Mal Malioboro

Jokowi ajak Jan Ethes naik andong di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Presiden Joko Widodo mengajak cucu pertamanya Jan Ethes dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep naik andong di Jalan Malioboro, Kamis 6 Juni 2019. Jokowi naik andong dari Mal Malioboro menuju Istana Kepresidenan Gedung Agung yang berada di Kawasan Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Di Mal Malioboro, Jokowi sempat mengajak Jan Ethes untuk bermain di wahana permainan. Jokowi pun sempat membelikan tiga buah mobil-mobilan untuk Jan Ethes.

Usai 30 menit menemani Jan Ethes di Mal Malioboro, Jokowi pun dijemput dengan tiga buah andong. Ketiga andong ini mengantarkan Jokowi dan rombongan kembali ke Gedung Agung.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Jokowi yang mengenakan baju lengan panjang berwarna putih duduk tepat di samping kusir. Sementara itu, Kaesang dan Jan Ethes duduk di belakang Jokowi.

Saat naik andong ini ribuan warga yang memadati kawasan Jalan Malioboro langsung mendekati Jokowi. Warga ingin berswafoto dengan Jokowi.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Kusir andong yang dinaiki Jokowi, Tri Wahyono (42), mengatakan jika dirinya tak menyangka akan mengemudikan andong yang dinaiki oleh Jokowi. Tri mengungkapkan, saat itu dirinya tengah mangkal di depan Mal Malioboro.

Kemudian dirinya didatangi oleh Paspampres yang memintanya untuk bersiap mengemudikan andong mengantarkan Jokowi ke Gedung Agung. Tri pun kemudian menyatakan kesanggupannya untuk mengantarkan Jokowi pulang ke Gedung Agung.

"Ya enggak menyangka kalau andong saya akan dinaiki oleh Pak Jokowi. Pak Jokowi tadi sempat tanya berapa jumlah andong yang ada di Yogyakarta. Lalu saya jawab ada 540 andong. Tadi tidak ngobrol banyak. Saya cuma menjawab pertanyaan dari Pak Jokowi saja," ujar lelaki asal Bantul ini.

Tri mengaku kuda yang membawa andong untuk mengantarkan Jokowi juga tidak dalam keadaan grogi. Padahal saat itu ribuan warga mencoba mendekat ke andong yang membawa Jokowi.

"Andongnya tidak grogi. Sopirnya yang grogi. Grogi soalnya membawa Pak Jokowi. Ini tidak saya duga sama sekali kalau andong saya akan dinaiki oleh Pak Jokowi," papar Tri.

Pria yang sudah menjadi kusir andong sejak 1994 ini lalu mendapatkan uang dan kaus dari Jokowi sebagai upahnya mengantar andong tersebut. Meskipun demikian Tri enggan menjelaskan upah yang diterimanya.

"Tadi dapat kaus. Sedangkan uang sewa tadi dikasih. Tapi belum dibuka, rahasia," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya