Evakuasi Penumpang Kapal Mutiara Persada Dilakukan Bertahap

Tim SAR gabungan mengevakuasi ratusan penumpang kapal motor penumpang Mutiara Persada II yang kandas di Alur Masuk Dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat, 7 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Ardian

VIVA – Badan SAR Nasional masih mengevakuasi para penumpang kapal motor penumpang Mutiara Persada II yang kandas di Alur Masuk Dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, hingga Jumat siang, 7 Juni 2019.

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Basarnas menerima laporan bahwa kapal itu kecelakaan sesaat sebelum akan bersandar di Pelabuhan Bakauheni.

"KMP Mutiara Persada II yang akan bersandar terbawa arus kuat, sehingga kapal tersebut tersangkut di batu karang bagian sebelah kanan lambung kapal. Selanjutnya, pihak KMP Mutiara Persada II meminta bantuan kepada pihak Pelabuhan untuk dapat ditarik dengan tugboat dan evakuasi penumpang," kata Deny, kepala Bagian Hubungan Masyarakat Basarnas Lampung.

TNI AL Turun Tangan, KM Sirimau Lepas dari Kandas di Perairan Adonara

Basarnas Lampung lantas segera berkoordinasi dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan nakhoda kapal Mutiara Persada II. Awalnya, kapal nahas itu akan ditarik dengan tugboat, tetapi gagal, sehingga akhirnya tim SAR mengevakuasi para penumpang sedikit demi sedikit.

Tim SAR gabungan mengevakuasi ratusan penumpang kapal motor penumpang Mutiara Pe

Kapal Tanker Kandas di Pantai Sancang Garut, Diduga Salah Jalur

Evakuasi pertama dengan kapal navigasi SAR Basudewa, RIB 02 Lpg 10, kapal patroli Polair 15, dan perahu karet polair 4, yang berhasil membawa 135 penumpang ke dermaga. Selanjutnya, disusul evakuasi menggunakan kapal patroli Polair 15 PNP. Sampai pukul 10.00 WIB, sebanyak 308 penumpang sudah dievakuasi.

Kapal Mutiara Persada ll kandas di perairan selat sunda, tepatnya di depan Pulau Rimau, Kabupaten Lampung Selatan, pukul 04.45 WIB, Jumat. Kapal itu sebenarnya akan ke arah Pelabuhan Bakauheni. (asp)

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024