Polisi Curiga Pengebom Pos Polisi Komunikasi dengan Sel Tidur Teroris

Ledakan bom bunuh diri di Pos Pengamatan Kartasura
Sumber :
  • Ist

VIVA – Kondisi Rofiq (22 tahun), pria yang meledakkan diri di sebuah pos polisi di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, dilaporkan mulai membaik, setelah beberapa hari perawatan. Namun, polisi belum bisa memintai keterangan pelaku secara menyeluruh.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

"Barusan tim Densus 88 meminta keterangan, namun belum [Rofiq] penuh menjelaskan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 7 Juni 2019.

Dalam pemeriksaan, polisi sedikit terkendala, karena alat komunikasi tersangka sudah dirusak. Namun, polisi akan berusaha membuka jaringan komunikasi Rofiq melalui akun Facebook-nya.

Terkuak Alasan Rusia Kecolongan Diserang ISIS, Meski Sudah Diwanti-wanti AS

Polisi mencurigai Rofiq pernah membaiat diri atau bersumpah setia pada kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) melalui media sosial Facebook. Karena alasan itulah, polisi perlu mempelajari aktivitas media sosial Rofiq.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, tersangka Rofiq memang bukan merupakan teroris yang terafiliasi dengan jaringan terorisme di Indonesia atau biasa disebut lone wolf. Namun, Densus 88 masih mendalami. Sebab, tersangka memiliki jaringan komunikasi dengan kelompok teroris yang nonaktif sementara, alias sleeping cell.

Satu Keluarga Ditangkap, Diduga Terlibat Penembakan Brutal di Gedung Konser Rusia

"Dia miliki jaringan komunikasi dengan sleeping cell yang lain—itu yang sedang didalami. Kemudian, dia juga membagi, tukar-menukar, pengalaman merakit bom antara sesama lone wolf," ujarnya.

Rofiq meledakkan diri di depan pos polisi untuk pengamanan Lebaran di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin tengah malam, 3 Juni 2019. Dia selamat, meski terluka cukup parah, sehingga harus dirawat. Namun, dari aksinya itu tak ada orang lain yang menjadi korban. (asp)

Buket bunga di depan gedung konser berdarah Crocus City Hall di Moskow

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Komite Investigasi Rusia, pada Rabu, 27 Maret 2024, menerbitkan daftar nama yang mengidentifikasi 140 orang yang dipastikan tewas insiden penembakan di gedung konser

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024