Menhub Wanti-wanti Semua Penumpang Kapal Harus Sesuai Manifes

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat, 7 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/Adin Rachmani

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat, 7 Juni 2019. Dia ingin memastikan pelayanan dan prosedur keselamatan pelayaran rakyat selama masa libur Lebaran diterapkan dengan disiplin.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Setelah beberapa saat memeriksa, Budi mengklaim bahwa secara umum semua berjalan baik dan disiplin. Dia perlu mengingatkan itu karena sistem akan berjalan baik kalau aturan diterapkan secara konsisten.

Dalam peninjauannya, Budi mengecek kelengkapan dokumen-dokumen kapal, kelengkapan alat-alat keselamatan di dalam kapal, kesesuaian data manifes atau identitas dan jumlah penumpang kapal, serta kelengkapan surat nakhoda dan awak kapal.

Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

Ada beberapa hal yang menjadi catatan pentingnya, di antaranya permasalahan manifes penumpang dan sistem pertiketan kapal. Mengenai manifes, Budi menekankan tidak boleh ada penumpang yang berangkat tanpa masuk manifes, karena manifes itu akan dicocokkan dengan kemampuan kapal.

"Prosedur ini adalah prosedur baku,” katanya, memperingatkan. “Saya minta kepada kepala pelabuhan dan semua petugas ini melakukan proses yang namanya membuat manifes dan mengecek di kapal apakah benar.”

Kronologi Seorang Pemudik Meninggal Dunia di Area Parkir Kapal

Dalam beberapa kasus, dia mencontohkan, memang ada manifes, tetap setelah dicek ternyata tak cocok dengan jumlah penumpang, biasanya jumlahnya bertambah. “Saya memastikan bahwa tidak boleh ada kapal yang melebihi kapasitas, tidak boleh ada penumpang yang berangkat tanpa masuk manifes.”

Direktorat Polairud Polda Sumut berhasil menggagalkan penyeludupan puluhan PMI ilegal.(dok Polda Sumut)

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Kapal nelayan pengangkut sebanyak 24 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal, berhasil diamankan oleh Direktorat Polairud Polda Sumut

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024