Jadwal dan Tiket Kereta Habis, Pemudik Terlantar di Stasiun Merak

Ilustrasi lonjakan penumpang Kereta Api saat libur panjang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Saat arus balik Idul Fitri, tiket kereta api di Stasiun Merak habis. Jadwal keberangkatannya pun sama, telah habis.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Akibatnya, ratusan penumpang terlantar di depan Stasiun Merak, yang lokasinya berada di dalam Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Mereka pun terpaksa menunggu jadwal keberangkatan hingga besok, Minggu 9 Juni 2019.

"Tadi ke sini (tiket) sudah habis, mau nunggu sampai jadwal (keberangkatan kereta) besok (pagi) yang jam 05.00 WIB. Nginep di sini (stasiun) rencananya," kata Halimin, calon penumpang kereta api, saat ditemui di Stasiun Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu 8 Juni 2019.

188.481 Orang Naik LRT Selama Libur Lebaran di Sumsel, Naik Drastis

Para calon penumpang sebagian merupakan peziarah makam Syeikh Djamaluddin, yang berada di atas bukit Pelabuhan Merak. Sebagian lagi, merupakan pemudik asal Sumatera yang telah menyeberang dari Pelabuhan Bakuheni menuju Merak. 

"Belum tahu ini, mau nunggu (jadwal kereta) besok pagi atau naik bus. Sudah habis tadi tiket keretanya, jadwal (kereta) nya juga udah enggak ada," kata Ziyaurrahman, pemudik asal Jambi dengan tujuan Tangerang, yang transit dulu di Stasiun Rangkasbitung kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan KRL. 

Hari Terakhir Cuti Lebaran 2024, KAI Sumut Angkut 10.700 Penumpang

Calon penumpang kereta api jurusan Merak-Rangkasbitung diharap memesan tiket secara online, meski masih bisa dilakukan secara manual. Jika beli online, calon penumpang bisa mengetahui jadwal keberangkatan kereta.

Dalam satu hari, hanya ada enam jadwal pemberangkatan kereta dari Stasiun Merak, yaitu pukul 05.00 WIB, 06.30 WIB, 10.20 WIB, 11.45 WIB, 15.35 WIB, 17.20 WIB yang dalam satu kali keberangkatan, bisa memuat 1.272 penumpang.

"Sudah habis memang tiketnya untuk hari ini. Sementara dalam satu hari kami melayani enam pemberangkatan dan enam kedatangan kereta saja dari pagi sampai sore," kata Sopiyan, Kepala Stasiun Merak, Sabtu 8 Juni 2019.

Menurut Sopiyan, calon penumpang kereta api dari Stasiun Merak, merupakan peziarah Syeikh Djamaluddin yang makamnya memang berada di dalam Pelabuhan Merak, tepatnya di sebuah bukit delay Dermaga 3.

"Kebanyakan masyarakat yang mau naik kereta ini baru pulang ziarah di makam Syeikh Djamaluddin. Karena tidak pesan tiket online terlebih dahulu, jadi kehabisan (tiket)." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya