Sengketa Pilpres, Wiranto: Jangan Kerahkan Massa ke MK

Menkopolhukam Wiranto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sidang perselisihan hasil pemilihan umum 2019 di Mahkamah Konstitusi akan digelar dalam waktu dekat ini. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut jajarannya juga telah bersiaga.

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

"Polri TNI tetap siaga mengamankan berbagai kemungkinan," kata Wiranto di kantornya di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 10 Juni 2019.

Wiranto menghargai pihak-pihak yang menggunakan jalur MK untuk menyelesaikan perselisihan hasil Pemilu. Karena itu dia juga meminta mereka tetap konsisten menerima hasilnya.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

"Makanya kita mengharapkan konsisten itu, apa agar semua keputusan MK nanti dapat diterima semua pihak, karena merupakan keputusan yang jujur, adil dan transparan kan begitu," ujar Wiranto.

Meskipun demikian, jajaran aparat keamanan juga katanya akan tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika ada kemungkinan massa yang datang.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

"Kita siapkan untuk tetap melakukan kesiagaan penuh untuk menjaga keamanan ibu kota dan juga keamanan kota-kota lain yang memang ada indikasi pengerahan massa," ucapnya.

Wiranto sangat berharap tidak ada pengerahan massa ke MK. Dia menegaskan kembali proses di MK sendiri sudah konstitusional, jujur dan juga transparan.

"Kami juga mengimbau kepada teman-teman kontestan yang ada niat untuk mengerahkan massa, janganlah dilakukan, karena apa, karena proses hukum kan sedang berjalan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya