Tiga Granat Aktif Ditemukan di Jambi

Penemuan granat di Jambi.
Sumber :
  • VIVA/ Syarifuddin Nasution.

VIVA - Tiga granat bulat ditemukan warga Kelurahan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi. Setelah dicek oleh penjinak bom Brimob Polda Jambi, bom berbentuk nanas tersebut ternyata aktif. Polisi pun meledakkannya di dalam hutan.

Bermain di Pinggir Sungai Padang Sergei, Sejumlah Anak Temukan 2 Granat Aktif

"Sebelumnya, tiga granat ditemukan warga Bajubang dan langsung dikubur di belakang polsek sampai menunggu tim Gegana Polda Jambi," ujar Kaposek Bajubang, Iptu Elpian, Senin, 10 Juni 2019.

Elpian mengatakan pemusnahan granat tersebut dilakukan langsung oleh Unit II Jibom Satuan Brimob Polda Jambi.

Gali Septic Tank Rumah Kontrakan, Warga Depok Malah Temukan Granat dan Belasan Peluru

"Pemusnahan granat tersebut dilakukan dengan cara diledakkan di dalam hutan yang berada di belakang Mapolsek Bajubang dengan jarak radius aman dari pemukiman warga sekitar pukul 18.30 WIB," katanya.

Terpisah, Dan Unit II Jibom Satuan Brimob Polda Jambi Iptu Yudianto mengatakan granat yang diledakkan berjumlah tiga buah. Begitu mendapatkan laporan, mereka langsung bergerak.

Asisten Panglima Tertinggi Ukraina Tewas Kena Granat Saat Buka Kado Ulang Tahun

"Untuk jenis granatnya sendiri berjenis granat nanas," katanya.

Yudianto menyebutkan bahwa granat itu merupakan sisa-sisa dari Perang Dunia kedua dan memang banyak ditemukan. Karena sifatnya berbahaya dikarenakan masih aktif, meskipun sudah dimakan usia. Namun, suatu waktu masih bisa tetap meledak.

"Tadi kita amankan dengan cara disposal atau penghancuran. Itu sesuai dengan SOP kami, jika ada temuan barang seperti ini atau bom militer memang dengan cara disposal atau diledakkan," katanya.

Yudianto mengimbau kepada masyarakat jika ada menemukan barang mencurigakan seperti granat nanas agar segera melaporkan kepada kepolisan.

"Segera laporkan kepada pihak kepolisan agar bisa mengambil langkah-langkah pengamanan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya