Pesan Jokowi ke Gubernur Baru Lampung, 'Back Up' Kebutuhan Ibu Kota 

Gubenur Lampung, Arinal Djunaidi, dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Gubernur Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi, resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu 12 Juni 2019. Arinal bersama Wakil Gubernur Chusnunia Chalim mengaku siap melaksanakan arahan Jokowi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Arinal mengatakan, Jokowi berpesan agar dia mampu menunjukkan bahwa Lampung bisa menjadi Pilot Project dalam pengembangan sektor pertanian. Apalagi, kebutuhan pangan Ibu kota hampir sebagiannya dipasok dari Lampung. 

"Beliau memesankan, back up Ibu Kota, jangan sampai kebutuhan-kebutuhannya menjadi sulit. Karena 40 persen kebutuhan DKI itu dari Lampung," ujar Arinal usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 12 Juni 2019.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Pria yang lama berkecimpung di sektor pertanian ini berjanji akan mengembangkan pertanian Lampung melalui ekonomi kerakyatan. Menurutnya, pangan sangat berperan dalam membentuk sumber daya manusia. 

"Karena bagaimanapun juga apapun bentuknya, kalau kita tidak kelaparan, masih bisa berpikir, apalagi kalau kita kaya. Ekonomi kerakyatan yang akan dikembangkan," ucap dia. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Ia menegaskan, pihaknya yakin Lampung berjaya pada masa yang akan datang. Sebab, Lampung memiliki setidaknya 10 besar komoditas yang sudah masuk ke level nasional. 

"Tapi ekonomi masyarakat masih dalam posisi belum sesuai dengan yang diharapkan dengan potensi sehingga memerlukan tata kelola yang baik lagi," ucapnya. 

Selain sektor pertanian secara keseluruhan, Arinal mengatakan, pihaknya juga mengembangkan infrastruktur yang menunjang hulu perekonomian. Saat ini, jalan tol pun sudah dibangun di Lampung

"Kita harapkan tol itu bisa memberikan kontribusi terhadap ekonomi yang ada di pedesaan kecamatan. Tanpa harus berbasa-basi jalan provinsi juga harus ditingkatkan, jalan kabupaten ditingkatkan," ucapnya. 

Tak hanya itu, ia mengatakan, Lampung sangat kaya dengan potensi alam termasuk wisata alamnya yang memiliki potensi luar bisa. 

"Anggrek-nya juga 361 varietas di dalam kawasan taman nasional. Ini akan menjadi wilayah wisata khusus karena ecotourism-nya luar biasa," jelas dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya