Libur Lebaran, Banyak Pemudik Ziarah ke Makam Soeharto

Makam Soeharto di Giribangun, Karanganyar.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

VIVA - Selama libur lebaran, makam mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, ramai dikunjungi peziarah. Ribuan peziarah didominasi para pemudik yang sedang pulang kampung di sekitar wilayah Solo Raya.

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

Kepala Pelaksana Harian Astana Giribangun, Sukirno, mengatakan sejak liburan Hari Raya Idul Fitri memang terlihat adanya kenaikan jumlah peziarah di makam mantan Presiden Soeharto dan istrinya, Tien Soeharto. Kenaikan terjadi memasuki hari kedua lebaran.

"Sejak saat itu jumlahnya peziarah naik. Kalau hari biasa sekitar 300 orang, sejak hari lebaran itu naik menjadi 1.000 orang per hari," kata dia, Rabu, 12 Juni 2019.

Sosok Jenderal M Jusuf, Panglima ABRI yang Bikin Soeharto Ketar-ketir Gegara Kalah Pamor

Tingginya jumlah peziarah itu, disebutkan, dia bertahan hingga memasuki H+5 Idul Fitri. Hanya saja setelah itu jumlah pengunjung makam mantan penguasa Orde Baru itu mulai sedikit menurun hingga hari ini.

"Ya ada penurunan tapi jumlahnya masih termasuk banyak dibandingkan hari biasa," ujarnya.

Deretan Pemimpin Negara dengan Latar Belakang Militer, Ada dari Indonesia?

Sukirno mengungkapkan sebagian besar para peziarah para pemudik yang sedang pulang kampung di sekitar wilayah Solo Raya. Selain itu juga para pemudik dari berbagai kota yang melintasi Karanganyar.

"Memang rombongan pemudik yang banyak ziarah. Kadang satu mobil itu berisi satu keluarga dan berasal dari luar kota," sebutnya.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai putra-putri mendiang Presiden Soeharto apakah sudah ada yang ziarah ke Giribangun, ia mengatakan sejak Ramadan hingga lebaran belum ada.

"Tidak ada itu putra-putri Pak Harto yang ziarah sejak Ramadan hingga liburan lebaran ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya