Warga Ternate Tangkap Hiu Albino, Spesies Langka di Maluku Utara

Ikan Hiu Albino ditemukan warga di Ternate.
Sumber :
  • VIVA/Ifan Gusti

VIVA – Seekor Hiu Karang unik, tertangkap tidak sengaja oleh pemancing di kawasan pelabuhan speed boat, kelurahan Mangga Dua, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu kemarin, 12 Juni 2019.

Viral Penampakan Bagian Dalam Tubuh Ikan Hiu Usai Menelan Kamera

Hiu dengan panjang sekitar 1,6 meter tersebut, diduga spesies Requiem dari keluarga (Carcharhinidae). Uniknya, keseluruhan tubuh hiu berwarna putih (Albino).

Menurut pengakuan beberapa nahkoda speedboat yang ditemui VIVA di lokasi dermaga, Ikan Hiu unik tersebut didapatkan salah satu anggota Kepolisian yang tengah memancing malam hari di kawasan tersebut. 

Niat Menyelam, Pria Ini Justru Dikepung dan Disosor Ikan Hiu di Tengah Lautan

Melihat ikan yang ditangkapnya adalah Hiu dengan warna tak lazim, ia pun meminta bantu warga menangkap dan memindahkan ke dermaga.

Hiu unik itu, kemudian diikat warga di bagian ekor dan dibiarkan berenang di bawah dermaga speed boat, sehingga menjadi tontonan warga. Melihat hal tersebut, pihak pelabuhan langsung melakukan pelepasan spesies unik tersebut kembali ke habitatnya.

Geger Penemuan Spesies Baru Ikan Hiu, Memiliki Gigi Menyerupai Manusia

Ikan Hiu Albino ditemukan warga di Ternate

Plt Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate, Kamarudin mengatakan, setelah mendapat informasi ada spesies Hiu Albino ditangkap warga, Ia langsung ke lokasi dan memberikan edukasi kepada warga, kemudian dilakukan pelepasan 

"Setelah saya datang, langsung kita melakukan acara pelepasan dihadiri TNI AL dan pihak Perikanan Ternate. Hiu ini langka, karena jenis albino dan mungkin baru pertama di dapat di Maluku Utara," ungkap Kamarudin.

Perairan Ternate menjadi rumah bagi beberapa spesies langka, selain Hiu Albino, ada pula di antaranya yakni Hiu berjalan atau Walking Shark (Hemiscyllium Halmahera).

Hiu berjalan tergolong sebagai spesies endemik lokal. Aktivitasnya hanya di perairan dangkal. Spesies ini tidak pernah dilaporkan atau diidentifikasi di perairan lain di seluruh dunia.

Laporan: Ifan Gusti/Ternate

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya