Lagi, Kawanan Gajah Liar Masuk Pemukiman Penduduk di Riau

Ilustrasi gajah liar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Selain di wilayah Peranap, Indragiri Hulu, Provinsi Riau, gerombolan gajah juga memasuki area perkebunan warga di kawasan Rumbai, Pekanbaru, sejak beberapa hari terakhir. Jumlahnya diperkirakan mencapai belasan ekor dan berkeliaran sejak sepekan terakhir.

Gajah Betina Liar di Aceh Besar Mati karena Luka Infeksi di Perut

Kehadiran gajah ini jelas menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi terutama para petani.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Heru Sutmantoro, mengungkapkan, pihaknya menurunkan tim ke lapangan untuk menanggulangi permasalahan gajah di wilayah Rumbai.

Viral! Gajah Sumatera Menyebrang di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

"Kita sudah tangani permasalahan ini dan tim sedang melakukan penggiringan terhadap gajah-gajah yang berada di sekitar lokasi," kata Heru menjawab VIVA, Sabtu 15 Juni 2019.

Heru menambahkan, sampai sore ini belasan gajah sudah sampai di tepian Sungai Siak dan akan terus bergerak menjauhi lahan pemukiman penduduk. "Gajah-gajah itu sudah mulai menjauh dan terakhir mendekati tepian Sungai Siak," sambung Heru.

Penis Gajah Bisa Berfungsi untuk Menggaruk Perut

Rusak Tanaman Warga

Kehadiran gajah sekitar pemukiman penduduk ternyata memberikan dampak negatif bagi para petani yang tinggal di wilayah kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Sejumlah tanaman mengalami kerusakan, seperti sawit yang berusia 2 tahun, pisang dan tanaman pepaya.

"Ada sebagian tanaman warga yang dirusak oleh gajah tapi tidak banyak. Ini terjadi sejak libur lebaran kemarin. Banyak warga yang tidak menjaga kebun sehingga membuat gajah leluasa," tutup Heru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya