Ratusan Orang Terkena DBD di Bekasi

Petugas melakukan pengasapan untuk memberantas nyamuk demam berdarah.
Sumber :
  • VIVA/ Dani.

VIVA - Ratusan orang di Kota Bekasi terjangkit Demam Berdarah Dengue selama satu semester di tahun 2019. Hal ini dipicu karena perubahan cuaca yang tak menentu belakangan ini.

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Jumlah penderita selama Januari sampai Mei 2019 sudah mencapai 610 kasus. Untuk Januari saja jumlahnya 75 kasus, Februari 53 kasus, Maret 200 kasus, April 152 kasus dan Mei 130 kasus.

“Meski di bulan Mei tinggi tentu mengacu di bulan sebelumnya ada penurunan. Karena kita tetap fokus ke program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, Senin 17 Juni 2019.

Libur Lebaran Kasus Flu Singapura Meningkat, Kemenkes Minta Lakukan Ini untuk Pencegahan

Dezi menambahkan institusinya terus berkoordinasi dengan pihak rumah sakit negeri maupun swasta untuk intens melaporkan kasus penderita DBD. "Sehingga kita bisa melakukan pencegahan, pemetaan wilayah agar bisa melakukan penanganan di lapangan atau pemukiman warga itu," ujarnya.

Namun, untuk upaya pencegahan kata Dezi, masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan rumahnya masing-masing. Termasuk melakukan koordinasi ke tiap wilayah kelurahan dan kecamatan agar melakukan kegiatan kerja bakti pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Fairuz A Rafiq dan Buah Hati Dilarikan ke RS Jelang Lebaran, Ada Apa?

Dezi menambahkan sejumlah kader jumantik yang ada di tiap-tiap kelurahan terus melakukan pembersihan sarang nyamuk. Tindakan itu diakui dia sudah sesuai dengan instruksi wali kota nomor 440/289/dinkes/2017 tentang pemberantasan sarang nyamuk.

Ilustrasi kasus demam berdarah dengue (DBD)

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

Penyakit hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau sebelumnya disebut Flu Singapura, mencetak angka hampir 6.500 kasus hingga pekan ke-13 tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024