755 Petugas Pendukung Ibadah Haji Ikuti Pembekalan di Arab Saudi

Pembekalan petugas pendukung penyelenggaraan haji di Kantor Urusah Haji Jeddah
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Sebanyak 755 peserta mengikuti pembekalan dan orientasi petugas pendukung penyelenggaraan haji tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi, Senin, 17 Juni 2019. Acara orientasi pembekalan ini diselenggarakan oleh Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jeddah, Arab Saudi.

Sejarah Sumur Zamzam dari Masa ke Masa

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, mengatakan, orientasi ini digelar agar mereka yang nantinya akan mendukung penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, bisa memahami tugasnya dan bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji.

"Mereka adalah para peserta terpilih dari 1.220 orang yang sebelumnya telah mengikuti seleksi tes kompetensi," kata Endang Jumali di Jeddah, Senin, 17 Juni 2019.

10 Catatan Perjalanan Haji Indonesia Tahun 2019 

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Dubes RI Riyadh Diki Yunus, Konjen RI Jeddah Hery Syarifudin, Inspektur Wilayah III Kemenkes Hery Radison, serta para Home Staf KJRI dan KBRI.

Endang menambahkan, acara orientasi ini berlangsung sehari. Para petugas akan dibagi dalam beberapa kelas sesuai bidang layanannya.

Saudi Bangun 60 Ribu Toilet Bertingkat di Mina, RI Minta Didahulukan

Meliputi, kelas pelayanan umum (akomodasi, katering, lapangan), kelas transportasi, kelas kesekretariatan (teknisi komputer, listrik, mekanik, dan pramusaji), kelas driver, serta kelas Daker Mekah, Madinah, dan Bandara.

"Melayani jemaah haji merupakan suatu kemuliaan, amanah dan tanggung jawab," ujar Endang. 

Setidaknya, ada tiga fungsi utama yang harus diemban petugas, yaitu melindungi, membina, dan melayani jemaah haji.

Petugas juga harus amanah, karena menjadi petugas haji adalah bentuk kepercayaan negara. Untuk itu, Endang mengingatkan agar petugas dapat menjaga kepercayaan yang telah diberikan.

"Setiap petugas haji harus menanggalkan ego sentris dan kelompoknya. Fokus bekerja dan konsisten. Kerjakan sesuatu tanpa diminta, dan selesaikan kewajiban dengan baik," tutur Endang.

Wakil Dubes RI Riyadh, Diki Yunus mengatakan, petugas haji adalah bagian tidak terpisahkan dari elemen kesuksesan meraih kemabruran haji. Untuk itu, kompetensi yang harus dimiliki menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan haji 2019.

Sementara itu, Konjen RI Hery Syarifudin menekankan agar petugas bisa menjaga amanah yang diberikan, sehingga tidak mencederai proses yang sudah dan sedang berlangsung. 

Inspektur Wilayah III Kemenkes, Hery Radison mengapresiasi proses rekrutmen petugas hingga pelatihan yang tahun ini dilakukan terintegrasi antara Kemenag dan Kemenkes. "Ini awal yang baik sebagai bagian dari koordinasi," ujarnya.

KUH KJRI juga akan menggelar orientasi untuk para petugas pendukung dari unsur mahasiswa Timur Tengah. Pembekalan untuk mereka akan dilaksanakan pada 4 Juli 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya