Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pasaman Barat

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Sebagian warga di Kabupaten Pasaman Barat, sempat berhamburan keluar rumah akibat getaran gempa bumi Magnitudo 5,3 pada hari ini, Senin 17 Juni 2019, pukul 18.04 WIB.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Meski getaran lindu itu dirasa cukup kuat hingga ke beberapa wilayah, seperti Kota Padang dan Padang Panjang, namun hingga kini belum ada laporan resmi dari otoritas terkait apakah ada kerusakan bangunan maupun korban jiwa.

“Getaran dirasa cukup kuat. Ada warga yang keluar bangunan dan lari ke titik yang lebih aman,” kata koordinator kantor Pos SAR Kabupaten Pasaman Barat, Zulfahmi melalui sambungan ponsel, Senin.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Lebih lanjut, Zulfahmi mengemukakan, meski banyak warga yang sempat keluar rumah, namun kondisi di Kabupaten Pasaman Barat hingga kini masih kondusif. “Kondisi masih normal. Belum ada laporan dampak kerusakan maupun korban jiwa,” ujar Zulfahmi.

Diketahui, berdasarkan data BMKG Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, gempa bumi berkekuatan M 5,3 ini, berada di kedalaman 23 kilometer dengan posisi 0,36 Lintang Selatan dan 99,00 Bujur Timur. (asp)

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan
Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024