Orasi Mantan Penasihat KPK: Jokowi dan Menterinya Munafik

Mantan Dewan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abdullah Hehamahua.
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Mantan Dewan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abdullah Hehamahua, memberikan orasi pada aksi damai di Patung Kuda, Jakarta, untuk mengawal sidang sengketa Pilpres 2019 di gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Ia menyebut bahwa Presiden Joko Widodo dan para menterinya adalah orang-orang munafik.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Pernyataan Abdullah ini berkaca dengan dilanggarnya setiap sila yang termaktub dalam Pancasila. Menurutnya, semua yang dikatakan Jokowi dan perangkatnya hanya dusta belaka.

"Ketuhanan Yang Maha Esa artinya semua bangsa Indonesia harus berketuhanan Yang Maha Esa. Jika ada Presiden Jokowi, menterinya yang mengatakan saya Pancasila maka itu bohong, itu dusta, itu munafik. Kalau dia Pancasilais, dia tidak akan menangkap ustaz, tidak menembak anak-anak yang tidak berdosa," kata Abdullah Hehamahua.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Abdullah menjelaskan soal sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Kemanusiaan Jokowi dinilai tidak ada, dengan melihat kematian ratusan petugas KPPS saat pelaksanaan Pilpres 2019.

"Hampir 700 orang petugas KPPS yang meninggal, di mana kemanusiaan Presiden? Di mana kemanusiaan menteri. Petugas yang tidak diproses, jangankan diautopsi, kata dukacita pun tidak ada. Itu artinya bukan kemanusiaan yang adil dan beradab, tetapi kebinatangan yang beradab," kata Koordinator Lapangan Aksi ini.

Mahfud MD: Kami Harap Majelis Hakim MK Bekerja Independen

Abdullah juga menuturkan, berbicara sila ketiga, persatuan Indonesia sudah diacak-acak oleh Jokowi. Menurutnya, martabat bangsa ini telah dirusak. Adu domba antarpartai, pemimpin dan ulama dengan ulama.

"Ketiga, persatuan Indonesia. Demi Allah, martabat bangsa ini diacak-acak oleh Presiden, dihancurkan oleh satu partai dengan partai yang lain, satu pemimpin dengan pemimpin yang lain, ulama yang satu dengan yang lain. Saya adalah seorang ketua sekolah tinggi ilmu ekonomi di daerah Sumatera dan saya tahu betul ipar daripada Presiden datang ke sana untuk melakukan gerakan supaya para mahasiswa itu memilih calon tertentu. Alhamdulillah mahasiswa dan masyarakat di Sumsel, pejabat-pejabat di sana masih waras otaknya, memilih pejabat yang bisa mengganti Presiden," katanya.

Dia kemudian langsung menjelaskan soal sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia mempertanyakan di mana keadilan itu. Sementara banyak lahan di Indonesia  justru dikuasai oleh pihak asing.

“Terakhir, sila kelima napas dari ketuhanan YME adalah keadilan sosial. Keadilan sosial pak polisi. Bapak, gaji Anda saya tahu. Saya mantan komisioner KPK, sering periksa tentang pejabat negara. Keadilan sosial, 88 persen lahan di Indonesia dikuasai oleh asing. Empat orang terkaya di Indonesia sama dengan 100 juta rakyat miskin di Indonesia. Keadilan sosial yang mana? Maka kita datang ke MK untuk melihat realitas itu," jelasnya.

"Kalau MK keliru, karena takut intimidasi, takut tekanan, takut intervensi, dan mengambil keputusan berdasarkan order, paksaan, maka bisa dibayangkan masa depan Indonesia. Negara dan rakyat berantakan, pertumpahan darah yang seharusnya tidak perlu, terjadi. Kami meminta MK memutuskan sesuai tuntutan masyarakat, sesuai dengan fakta-fakta hukum yang ada," ucapnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya