Soal Wajib Militer, Menhan: Mindset Pancasila Dulu Disiapkan

Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu.
Sumber :
  • Cahyo Edi

VIVA – Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu menanggapi usulan BPK agar Indonesia menerapkan wajib militer. Ia menilai hal itu belum diperlukan.

Taeyong Resmi Wajib Militer, Dapat Dukungan Hangat dari Anggota NCT

"Kalau ada kemauan masing-masing orang silakan saja ya, tapi dari Kementerian Pertahanan belum ada itu," kata Ryamizard di gedung DPR, Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Ia menjelaskan, inti terpenting dari bela negara adalah Pancasila. Sehingga bela negara merupakan cara agar bagaimana cara pikir tak berubah oleh khilafah atau negara Islam, tapi Pancasila.

Bobby dan Chanwoo iKON Umumkan Tanggal Masuk Wajib Militer

"Ya kalau kita wajib militer tapi ini enggak di sini (menunjuk kepala) itu bahaya. Jadi benak kita harus Pancasila engga boleh berubah. Ya engga suka Pancasila saya bilang dari dulu keluar dari negara ini ya, jangan indekos terus," kata Ryamizard.

Ia menambahkan, memang bisa saja ada usulan tersebut. Tapi ujungnya Presiden pasti akan meminta pertimbangannya. 

Aktor Song Kang Mulai Jalani Wajib Militer Hari Ini, Bagikan Pesan Ini untuk Penggemar

"Tapi sementara tunggu dulu lah ya. Kenapa? kita kan belum mau perang. Mindset kita dulu yang harus disiapkan, kita siap perang tapi mindset kita berubah orang siap perang, wah ini siap perang dengan Pancasila berarti? Jadi mindset dulu dibenarkan," kata Ryamizard.

Ia membenarkan mindset terhadap Pancasila lebih dulu yang harus dibenahi. Sebab Pancasila simbol persatuan negara dan bangsa.

"Kalau itu pecah negara pasti pecah ya, engga boleh pecah itu. Kita bubar. Kalau kita pecah itu Islam di Timur Tengah lihat engga habis-habisnya perang. Mau? kan engga boleh itu." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya