Kemhan Usulkan Anggaran 2020 Rp143 Triliun

Kementerian Pertahanan RI
Sumber :
  • Setkab.go.id

VIVA – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Agus Setiadji, mengatakan, lembaganya mengusulkan anggaran tahun 2020 sebesar Rp126,5 triliun. Anggaran ini telah disepakati Komisi I DPR.

Hari Ke-2 Lebaran, Prabowo Keliling Kunjungi Kerabat: Jokowi, ARB, Dasco, Zulhas hingga Airlangga

"Anggaran yang kita ajukan Rp126,5 triliun untuk 2020 dan Alhamdulilah disetujui oleh Komisi I," kata Agus di gedung DPR, Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Ia menambahkan, dari pagu indikatif yang diusulkan, ada usulan tambahan anggaran sebesar Rp17,5 triliun. Sehingga total usulan anggaran sebesar Rp143,5 triliun. Adapun pengalokasian anggaran digunakan untuk Mabes TNI, Kemhan, dan alutsista. 

Prabowo Apresiasi Patung Jenderal Sudirman yang Berdiri di Kementerian Pertahanan Jepang

"Untuk anggaran tambahan untuk kebutuhan bela negara untuk di Kemhan. Kenaikan utama adalah untuk sumber daya manusia. Dalam hal ini juga untuk pendidikan latihan. Kemudian alutsista, dan untuk di Kemhan otomatis sesuai prioritas kita adalah untuk bela negara," kata Agus.

Lalu, Panglima TNI, Hadi Tjahjanto menjelaskan, anggaran akan digunakan sebesar Rp1,9 triliun untuk pengembangan organisasi baru yaitu Kopsus TNI. Kemudian Rp3,4 triliun untuk modernisasi alutsista, non alusista, sarana prasarana matra darat dan angkatan laut sendiri mendapat Rp2,8 triliun. 

Kementerian Pertahanan RI Panen Raya Jagung di Lahan Food Estate Kalimantan Tengah

"Juga hal yang sama untuk modernisasi alutsista, non alusista dan sarana prasarana matra laut dan angkatan udara mendapatkan jatah Rp3,9 triliun untuk merealisasikan alusista non alusista dan sarana prasarana matra udara," kata Hadi pada kesempatan terpisah.

Adapun, anggaran Rp17 triliun akan dibahas sesuai pagu indikatif untuk pembangunan khusus wilayah bagian timur. "Mudah-mudahan bisa keluar sesuai rencana," kata Hadi.

Kemenhan / Kemhan RI / Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melelang proyek Pembangunan Gedung dan Kawasan Perkantoran Kementerian Pertahanan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024