Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1.200 Meter

Gunung Merapi menyemburkan awan panas terlihat dari Sleman, DI Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ranto Kresek

VIVA – Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran, Kamis, 20 Juni 2019 pukul 09.17 WIB. Awan panas guguran ini meluncur sejauh 1.200 meter dari puncak Gunung Merapi.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida mengatakan awan panas guguran terjadi pada pukul 09.17 dengan jarak luncur 1.200 meter. Luncuran awan panas guguran ini mengarah ke Sungai Gendol.

"Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi. Jarak luncur 1.200 meter ke arah hulu Kali Gendol," ujar Hanik.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Terjadinya awan panas guguran ini tercatat di seismogram. Dari catatan seismogram diketahui awan panas guguran terjadi dengan amplitudo 75 mm dan durasi 120 detik.

Meskipun terjadi luncuran awan panas guguran sejauh 1200 meter, saat ini status Gunung Merapi masih waspada atau berada di level II. Status waspada ini sendiri telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018 yang lalu.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Rekomendasi BPPTKG Yogyakarta masih sama, area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 
 

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024