Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kebakaran Pabrik Korek di Langkat

Pabrik korek api gas di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, kebakaran pada Jumat siang, 21 Juni 2019.
Sumber :
  • BPBD Langkat

VIVA – Polda Sumut menetapkan tiga tersangka kebakaran Pabrikan rumahan korek api gas atau mancis di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Kebakaran itu diketahui menewaskan 30 orang.

Warga Nekat Lompat dari Lantai 2, Selamatkan Diri dari Si Jago Merah

Ketiga tersangka itu, pemilik usaha dengan nama perusahaan PT Kiat Unggul, bernama Indramarwan warga Jakarta Barat, lalu Burhan selaku manajer dan  Lisma Warni sebagai supervisor bagian operasional, keduanya merupakan warga Sumatera Utara. 

"Telah mengamankan tiga orang statusnya sudah tersangka," ungkap Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja dalam jumpa pers di RS Bhayangkara Medan, Sabtu malam, 22 Juni 2019.

Petugas Damkar Meninggal Dunia Usai Padamkan Kebakaran di Gedung LBH Jakarta

Tatan menjelaskan dalam penyeledikan kasus kebakaran ini, lima orang saksi dimintai keterangan, termasuk dua tersangka sudah diamankan oleh pihak kepolisian di Polres Binjai.

"Untuk sementara dikenakan pasal 359 KUHP (kelalaian hingga meninggal dunia) ancaman lima tahun penjara," sebut Mantan Waka Polrestabes Medan itu.

Polisi Ungkap Dugaan Penyebab Kebakaran Gedung LBH Jakarta

Tatan menjelaskan dugaan korban tewas terjadi karena kebocoran bahan baku mancis yang dengan mudah terbakar. Akibatnya, api terus membesar dan membakar seluruh pekerja dan termasuk anak-anak di dalam rumah yang dijadikan pabrik.

"Seluruh korban yang ada di dalam panik. Kalau yang menggembok (mengunci) pintu depan dilakukan oleh mandor. Ternyata mandornya ikut jadi korban," ungkap perwira melati tiga itu.

Kebakaran pabrikan rumahan korek api gas atau mancis di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terjadi pada Jumat siang, 21 Juni 2019 pada Pukul 12.00 WIB. 

Sedangkan, 30 korban tewas sudah dievakuasi dari TKP ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, guna dilakukan outopsi. Begitu juga, pihak kepolisian melakukan penyeledikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya