Tak Penuhi Janji, Tambang Emas di Maluku Utara Didemo Massa

Pembakaran pos pabrik tambang miliki PT Nusantara Halmahera Minerals di Malut.
Sumber :
  • VIVA/Daus-tvOne

VIVA – Perusahaan tambang emas PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) di Halmahera Utara, Maluku Utara didemo ratusan massa, Selasa, 25 Juni 2019. 

Pilkada Bupati Halmahera Selatan, Eka Dahliani Siap Lanjutkan Program Mendiang Usman Sidik

Massa aksi yang terdiri dari Forum Kesatuan Aksi Kepala Desa Lingkar Tambang (KAKDLT) Kabupaten Halmahera Utara dan masyarakat yang berasal dari lima kecamatan lingkar tambang tersebut, mempertanyakan realisasi dan pengelolaan dana coorporate social responsibility (CSR).

Pendemo membakar pos penjagaan Perusahaan tambang emas milik Australia itu di site Gosowong, aksi yang dikoordinir Fahri Yamin, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Kabupaten Halmahera Utara, mengatakan aksi mereka sebagai bentuk kekecewaan atas tindakan PT NHM yang tidak memenuhi janji mereka terkait penyaluran dana CSR perusahaan.

KPK Sita 10 Bidang Tanah Milik Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Salah Satunya Dibangun Hotel

"Kami menuntut apa yang menjadi hak kami dan telah disepakati bersama, jika NHM tidak merealisasikan, kami akan terus menggelar aksi dan memblokade jalan mencegat mobil angkutan karyawan sehingga tidak bisa beraktivitas," kata Fahri.

Sejumlah poin tuntutan massa aksi di antaranya, PT NHM segera merealisasikan jumlah budget desa sesuai dengan hasil kesepakatan bersama pada tanggal 20 Maret 2019 lalu, mengalokasikan budget Rp350 juta per tahun anggaran 2018-2019 sebagaimana tahun sebelumnya, dan operasional 10 persen dari total budget kecamatan, serta segera merealisasikan Dana Bantuan Pendidikan kepada mahasiswa yang belum menerimanya.

Rapat Pleno Perhitungan Suara Halsel di KPU Malut Ricuh akibat Protes Saksi Parpol

Laporan: Daus Ternate/tvOne

Gunung Ibu di Halmahera kembali erupsi.

Gunung Ibu di Halmahera Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

Peristiwa Gunung Ibu kembali erupsi itu terjadi selama 121 detik pada Rabu malam, 27 Maret 2024 sekitar pukul 19.23 WIT.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024