Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 1.350 Meter

Gunung Merapi menyemburkan awan panas terlihat dari Sleman, DI Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ranto Kresek

VIVA – Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada Rabu, 26 Juni 2019. Awan panas guguran ini terjadi sekitar pukul 06.05 WIB.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya mengatakan, jika jarak luncur awan panas guguran mencapai 1350 meter. Luncuran awan panas guguran ini mengarah ke Kali Gendol.

"Awan panas guguran Gunung Merapi terjadi pada tanggal 26 Juni 2019 pukul 06.05 WIB. Jarak luncur 1.350 meter ke arah hulu Kali Gendol," ujar Hanik.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Hanik mengungkapkan, dari seismogram tercatat awan panas guguran yang terjadi pagi ini memiliki amplitudo 60 mm. Awan panas guguran ini berdurasi 136 detik.

Meskipun terjadi luncuran awan panas guguran sejauh 1350 meter, saat ini status Gunung Merapi masih waspada atau berada di level II. Status waspada ini sendiri telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018 yang lalu.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Rekomendasi BPPTKG Yogyakarta masih sama, area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. (ren)

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024