Logo timesindonesia

12 Desa di Kabupaten Purbalingga Dilanda Kekeringan

Ilustrasi kekeringan melanda wilayah Kabupaten Purbalingga. (foto: jateng.tribunnews)
Ilustrasi kekeringan melanda wilayah Kabupaten Purbalingga. (foto: jateng.tribunnews)
Sumber :
  • timesindonesia

Sebanyak 12 desa di enam kecamatan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dilanda kekeringan. Sebanyak 733 KK atau 2.809 jiwa terdampak kekeringan yang disebabkan oleh musim kemarau sejak awal bulan Juni 2019 lalu.

Menurut keterangan Kepala Bidang Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Rita Rosita, 12 desa tersebut yaitu: Desa Kedungbenda (Kecamatan Kemangkon); Desa Panunggalan dan Desa Tegalpingen (Kecamatan Pengadegan); Desa Tamansari dan Desa Pekiringan (Kecamatan Karangmoncol).

Kemudian Desa Karangcegak, Karangjengkol, Candiwulan, Candinata (Kecamatan Kutasari); Desa Bandingan (Kecamatan Kejobong); dan Desa Jambudesa dan Desa Karanganyar (Kecamatan Karanganyar).

Rita Rosita menambahkan, dalam menanggulangi kekeringan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga telah melakukan pendataan dan pendistribusian bantuan air bersih.

Sebanyak 49 tangki atau 245.000 liter air bersih selama sembilan hari telah didistribusikan oleh BPBD Purbalingga. "Sementara kerugian material akibat kekeringan hingga hari ini dilaporkan nihil," ujar Rita Rosita, Kamis (4/7/2019) dalam keterangan tertulisnya. (*)