BMKG Akhiri Peringatan Dini Tsunami di Sulawesi Utara

Ilustrasi gempa bumi di Sulawesi Utara
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, telah mengakhiri peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa bumi berkekuatan magnitudo 7.0 pada Senin 8 Juli 2019 pukul 00.10 WIB. 

Profil Audrey Vanessa Susilo, Pemenang Miss Indonesia 2022

Sebelumnya BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Utara pada Minggu malam pukul 22.08 WIB.

Audrey Vanessa Raih Gelar Miss Indonesia 2022, dari Sulawesi Utara

Sulut telah diguncang gempa bermagnitudo 7.0 di titik 0.54 LU, 126.19 BT di kedalaman 36 kilometer. Gempa bumi berpusat di laut 133 Km Barat Daya Ternate Maluku Utara.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami karena berdasarkan pemodelan matematis terdapat ancaman tsunami dengan status ancaman waspada untuk daerah Minahasa bagian Selatan dan Minahasa Utara bagian Selatan.

Minggu Pagi, Sulut dan Aceh Diguncang Gempa

Dari hasil monitoring BMKG selama satu jam, telah terjadi 8 kali gempa bumi susulan yang tercatat, dengan kekuatan magnitudo sekitar 3,5-4,9. 

"BMKG terus memonitor perkembangan gempa bumi susulan dan tinggi muka air laut yang terdapat di 6 stasiun pasang surut, yakni Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Xanana. Hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dikutip dari siaran persnya. 

Ilustrasi garis polisi

Detik-detik Aning Tega Mutilasi Ponakan Demi Curi Perhiasan Emas Korban

Korban berinisial TAM 8 tahun dimutilasi tantenya sendiri hanya untuk perhiasan emas kalung. Modus pelaku mengajak korban ke kebun untuk ambil sayuran kemudian dieksekusi

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024