Angin Puting Beliung Terjang Agam, 6 Rumah Rusak

Rumah warga rusak diterjang angin puting beliung di Kabupaten Agam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melaporkan, sejumlah enam unit bangunan milik warga di Kecamatan Tilatang Kamang, rusak akibat dihantam angin puting beliung, Senin sore, 8 Juli 2019.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Hingga kini, petugas BPBD setempat masih melakukan pembersihan sisa material dan mendata para korban yang terdampak angin puting beliung tersebut.

“Terkait dengan kerusakan, tim sedang berusaha membersihkan material dan sekaligus mengupayakan perbaikan secara darurat untuk bangunan yang terdampak," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Dari enam bangunan tersebut, kata Wahyu, terdiri dari empat bangunan rumah milik warga, warung sate dan satu unit bangunan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang juga digunakan sebagai tempat tinggal. 

“Tidak ada korban jiwa. Untuk rumah masyarakat yang terdampak rusak akibat diterjang angin puting beliung, sudah diupayakan untuk diberikan bantuan sementara," ujarnya. 

BPBD Bandung Catat Hampir 500 Rumah Warga Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Sementara para korban telah diungsikan ke rumah tetangga terdekat. 

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan, BPBD Agam mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, Kabupaten Agam saat ini memasuki fase pancaroba. Cuaca panas dan hujan bergantian.

Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban angin puting beliung

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024