UI, ITB, IPB dan UGM Tak Diminati Calon Mahasiswa

Menristekdikti Mohamad Nasir
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Kementerian Ristek, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia telah menerbitkan peringkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan peminat terbanyak. 

Tak Lolos SBMPTN 2021, Ketua LTMPT: Bisa Daftar Jalur Mandiri

Dari 85 PTN di Indonesia, 10 di antaranya yang banyak diminati oleh kaum milenial adalah Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, Univeristas Negeri Yogyakarta, Universitas Jember dan Universitas Sumatera Utara. 

"Berikutnya, kita lihat distribusi daya tampung. Kalau kita lihat dari PTN di atas 10 ribu yang tertinggi adalah Unbraw, UNS, UNDIP, UPI, UNES. Saat ini, PTN tersebut sedang banyak diminati untuk SBMPTN," ucap Menteri Kemenristekdikti Mohamad Nasir, di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juli 2019.

6.212 Peserta SBMPTN Lolos di USU dan Unimed

Lebih lanjut, Nasir juga menjelaskan soal program pendidikan yang saat ini diminati oleh calon mahasiswa. Prodip dengan jurusan kedokteran masih unggul dalam minat mahasiswa.  Selain Kedokteran, Agrokoteknologi, Hukum dan Ilmu Komunikasi masih diminati oleh mahasiswa. 

"Di Saintek dengan peminat terbanyak kedokteran selalu menjadi unggulan. Kalau di Soshum Hukum masih unggul yang kedua Ilmu Komunikasi," kata dia. 

Unnes Terima 3.873 Peserta yang Lolos SBMPTN 2021

Nasir juga menilai tidak masuknya Universitas-universitas unggulan seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gajah Mada, karena tingkat resiko tidak masuknya seorang calon mahasiswa ke dalam PTN tersebut. 

Mereka menilai dengan mengambil PTN yang tidak unggulan akan membantu mereka masuk ke dalam salah satu daftar mahasiswa.

"Ini akan mengurangi pergerakan masa yang besar,  jadi nanti kaitannya semakin terbuka. UI, ITB, UGM, IPB Kok enggak ada? Tapi lihat di dalam pendaftar ini akan semakin rasional," ucapnya. (EP)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya