Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Beberapa Daerah

Petugas BMKG di ruang pemantauan.
Sumber :
  • TvOne/ Ifan Gusti

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, dalam periode beberapa hari ke depan diidentifikasi adanya peningkatan aktivitas fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rosby Wave) yang dapat meningkatkan potensi udara basah di sebagian wilayah Indonesia. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Seperti, di Sumatera bagian Tengah, Kalimantan Barat dan Timur, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara Papua Barat dan Papua. 

Sementara itu, pembentukan pola sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Pasifik Timur Philipina dapat menyebabkan terbentuknya pola belokan angin, perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sulawesi memanjang hingga Maluku Utara. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

"Kondisi tersebut di atas dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat untuk periode  09-11 Juli 2019," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019. 

Ia merinci, wilayah yang bakal berpotensi hujan di antaranya, Aceh, Kepulauan Nias, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Sedangkan, kata dia, untuk potensi gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter diperkirakan dapat terjadi di wilayah perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat  Aceh hingga Bengkulu. 

Kemudian, terjadi di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTT, Samudra Pasifik Utara Halmahera, Laut Arafuru.

Untuk itu, Mulyono mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. (jhd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya