Tahun Ini, ITB Buka Seleksi Calon Mahasiswa Jalur Mandiri Kali Pertama

Kampung ITB Bandung.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Rektor Institut Teknologi Bandung atau ITB, Kadarsyah Suryadi mengatakan, kampusnya mulai membuka pendaftaran jalur mandiri untuk pendaftaran calon mahasiswa tahun 2019.

Belum Lolos SBMPTN? Ini Daftar PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri

Kadarsyah mengatakan, untuk pertama kalinya ITB membuka jalur mandiri dan untuk calon mahasiswa yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

"Banyak sekali mahasiswa yang tidak pernah keterima di ITB, karena salah memilih fakultas. Contohnya, ia memiliki nilai yang tinggi, tetapi karena saingannya cukup tinggi, maka dia tak masuk," ujar Kadarsyah di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Selasa 9 Juli 2019. 

Universitas Brawijaya Buka Pendaftaran Jalur Mandiri 15 Maret 2022

Kadarsyah mengatakan, ITB memiliki prinsip yang berbeda dengan perguruan tinggi negeri lainnya.

Sebagai contoh, jika calon mahasiswanya memiliki prestasi yang baik, nilai akademis yang baik, namun tidak mampu secara ekonomi dapat mengajukan beasiswa. 

USK akan Tampung 30 Persen Mahasiswa Jalur Mandiri 2022

"ITB sendiri punya prinsip biaya pendidikan untuk kuliah gratis bagi yang tidak mampu. Bagi yang mampu, silahkan bayar semampu orangtua. Sehingga walaupun mandiri, kita tetap menerima yang bidikmisi. Kami menerima yang bayar 20 persen dan 30 persen silakan," ujarnya. (asp)

Ilustrasi peserta tesa masuk PTN jalur mandiri

Kemendikbudristek Tegaskan Masuk PTN Jalur Mandiri Tetap Ada

Pihak Kemendikbudristek Nizam mengatakan jalur mandiri tetap ada karena amanat undang-undang.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2022