HUT Polri Digelar di Markas TNI, Ada Upacara hingga Pesta Rakyat

HUT ke-73 Bhayangkara di Jatim digelar Markas Kodam V/Brawijaya di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara di Jawa Timur beda dengan tahun sebelumnya. Puncak acara digelar bukan di Markas Kepolisian Daerah Jatim, namun di markas Tentara Nasional Indonesia (TNI), yakni lapangan Markas Komando Daerah Militer V/Brawijaya di Surabaya, Rabu, 10 Juli 2019. 

Sosok Spesial Bakal Pimpin HUT Polri di Lapangan Akpol Semarang

Masyarakat juga diundang dalam pesta itu. Kegiatan dimulai dengan upacara dan syukuran pada Rabu pagi. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Polda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan, Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, hadir memimpin parade dan syukuran. Pejabat dari TNI AL dan AU juga hadir. 

Kegiatan diawali dengan parade peringatan HUT ke-73 Bhayangkara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Bintang Narariya kepada Personel Polda Jatim dan penyematan pin penghargaan Kapolri oleh Kapolda Jatim kepada Gubernur Khofifah. Setelah itu tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. 

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Mereka lantas meninjau stand pameran oleh masing-masing direktorat Polda Jatim dan seluruh Kepolisian Resor se-Jatim. Masyarakat juga berbaur melihat-lihat barang-barang yang dipamerkan di masing-masing stand. Beragam barang dipamerkan, seperti kuliner khas, alutsista, teknologi penyidikan, dan lainnya. 

Pengamatan VIVA, sore jelang malam lapangan Kodam V tambah ramai pengunjung. Pada Rabu malam digelar pesta rakyat dengan hiburan musik. Pertama yang tampil ialah anggota Polri dan TNI. Sesi ini disebut panggung prajurit. Kendati bukan musikus profesional, penampilan mereka lumayan apik.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Pesta rakyat juga menghadirkan pedangdut tenar asal Jawa Timur, Nella Kharisma. Sepanjang kegiatan, Polri, TNI, dan masyarakat berbaur jadi satu. Suasana terasa akrab dan penuh keceriaan. "Kami tunjukkan kekompakan TNI-Polri bahwa kita bersama, makan sama-sama nasi kotak," kata Kapolda Luki.
 

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024