Tiga Komisioner KPK Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sumber :
  • Antara

VIVA – Tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kembali mendaftar ke Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK periode 2019-2023, lolos dalam seleksi administrasi. Tiga komisioner KPK itu adalah Basaria Panjaitan, Laode M Syarif, juga Alexander Marwata.

Nasdem Akui Belum Bersikap soal Pengganti Firli Bahuri: KPK dalam Posisi Terpuruk

"Nama-nama pendaftar yang lulus seleksi administrasi diumumkan seperti itu," ujar Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih di Setneg, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.

Yenti menyampaikan, dari 376 orang yang mendaftar untuk menjadi pimpinan KPK, ada 192 orang yang dinyatakan lulus administrasi. Mereka selanjutnya harus mengikuti uji kompetensi yang meliputi tes obyektif dan penulisan makalah.

Anggota DPR Supriansa Ikut Dorong Pengganti Firli Bahuri Mesti Lewat Pansel

"Yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 192 orang," ujar Yenti.

Adapun, uji kompetensi dilaksanakan Kamis, 18 Juli 2019 di Pusdiklat Setneg, Cilandak, Jakarta Selatan. Tahapan itu menjadi penentu dikerucutkannya lagi jumlah capim KPK yang akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo pada akhir Agustus 2019.

Anggota Komisi III DPR: Ketua KPK Pengganti Firli Bahuri Harus Melalui Pansel

Dia menegaskan, bila pendaftar yang tak ikut tahapan uji kompetensi ini akan dicoret. "Pendaftar yang tidak hadir mengikuti uji kompetensi dinyatakan gugur," ujar Yenti.

Sementara, 192 nama orang yang lolos seleksi, bisa diakses masyarakat di situs web setneg.go.id.  Pansel akan menerima masukan dari masyarakat terkait 192 nama yang sudah lolos ini.

"Masukan juga bisa dikirimkan langsung ke sekretariat Pansel di Gedung 1 Kemensetneg Lantai 2, Jalan Veteran Nomor 18, Jakarta Pusat," ujar Yenti. {mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya