13 Jenderal Polisi Lolos Seleksi Capim KPK, Anggota TNI Gagal

Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Sebanyak 13 anggota Kepolisian RI (Polri) lolos dalam seleksi administrasi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Ketua Pansel KPK Yenti Garnasih, jumlah itu berarti semua anggota aparat penegak hukum juga yang mendaftar menjadi capim KPK.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Anggota Polri, pendaftar 13 orang, lolos 13 orang," ujar Yenti di Kemensetneg, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.

Selain itu, data pansel menunjukkan ada 76 dosen/akademisi yang mendaftar, dan 40 di antaranya lulus. Dari kalangan advokat atau konsultan hukum, ada 63 orang yang mendaftar, dan 39 di antaranya lulus. Dari korporasi, yaitu swasta/BUMN/BUMD, 40 orang mendaftar dan 17 di antaranya lulus.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Dari kalangan jaksa atau hakim, 20 orang mendaftar dan 18 di antaranya lulus. Dari TNI, 1 orang mendaftar dan tidak lolos. Dari kalangan auditor, 11 orang mendaftar dan 9 di antaranya diterima. Dari komisioner/pegawai KPK, 18 orang mendaftar dan 13 di antaranya diterima. Sementara dari kategori lain, yaitu PNS, pensiunan, LSM, wiraswasta, pejabat, 134 orang mendaftar dan 43 di antaranya diterima.

Penelusuran di data Pansel KPK menunjukkan anggota polisi yang lulus seleksi di antaranya Inspektur Jenderal Ike Edwin, Irjen Antam Novambar, Irjen Dharma Pongrekun, Brigjen M Iswandi Hari. Ada juga Brigjen Bambang Sri Herwanto, Brigjen Agung Makbul, Irjen Juansih, serta Brigjen Sri Handayani.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 192 dari 376 orang yang mendaftar untuk menjadi calon pimpinan KPK periode 2019-2023, dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK.

Pada tahapan selanjutnya, ke-192 akan mengikuti uji kompetensi berupa tes obyektif dan makalah, pada 18 Juli 2019. Hasil uji kompetensi, juga masukan dari masyarakat, akan menjadi bahan pertimbangan bagi Pansel menyodorkan nama-nama yang dinilai terbaik ke Presiden Joko Widodo pada akhir Agustus. (ase)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024