Dua Nama Ini Siap Gantikan Sutopo di BNPB

Sutopo BNPB
Sutopo BNPB
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB telah menyiapkan sejumlah nama yang disebut bakal mengganti posisi almarhum Sutopo Purwo Nugroho sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi usai menghadiri seminar bertajuk pemindahan Ibu Kota Negara di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat pada Kamis 11 Juli 2019. 

Dody mengungkapkan, sampai saat ini tercatat sudah ada dua nama yang bakal mengisi kekosongan pada jabatan tersebut.

“Ya, kami tahu media sangat tergantung dengan pak Topo. Kita ada beberapa calon yang dalam dua atau tiga Minggu ini kami siapkanlah. Mereka dari internal. Saat ini, sudah ada dua nama yang mungkin sudah dekat-dekat,” katanya.

Nantinya, calon pengganti almarhum Sutopo itu bakal detraining atau melakukan pelatihan sebelum akhirnya resmi menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB. 

Selain itu, yang tak kalah penting adalah latar belakang kandidat harus memiliki nilai bagus pada bidang akademisi.

“Salah satu syaratnya, akademisnya harus bagus. Pak Topo kan latar belakang akademisnya bagus, nulis ada, analisa bagus, sehingga melalui dia, pemimpin kita bisa ambil keputusan juga. Nah, itukan bukan humas biasa, humas yang punya background akademisi bagus. Saat ini, ada beberapa namalah yang sudah bagus,” ucapnya