Tim Reaksi Cepat BNPB Turun ke Lokasi Gempa Maluku Utara

Ratusan rumah serta gedung sekolah di empat desa di Kabupaten Halmahera Tengah,
Sumber :
  • VIVA/Ifan Gusti

VIVA – Plh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Agus Wibowo mengatakan, saat ini Tim Reaksi Cepat BNPB sedang dalam perjalanan menuju lokasi bencana gempa di Halmahera Selatan, Maluku Utara. 

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

"Tim Reaksi Cepat dilaporkan baru sampai di Ternate. Masih perlu menggunakan perahu motor untuk menuju lokasi terdampak," ucap Agus Wibowo di Kantor Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Senin, 15 Juli 2019.

Agus juga menjelaskan, akses yang sulit mengakibatkan pihak TRC dan beberapa tim dari pemerintahan sulit menjangkau lokasi. 

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Akan tetapi saat ini di lokasi bencana sudah ada penanganan pemerintah daerah, Polri, TNI, dan BPBD untuk memasangkan tenda dan alat-alat logistik. 

"Sejak tadi malam pemerintah daerah bersama TNI dan Polri dan instansi terkait sudah menangani para pengungsi yang berada di sejumlah titik, mengumpulkan tenda, memasang tenda serta merencanakan penyaluran bantuan," kata dia.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Hingga saat ini komunikasi untuk ke wilayah tersebut masih dapat dilakukan. Artinya, kondisi wilayah terdampak gempa masih mendapatkan akses listrik dan komunikasi. 

"Kalau untuk komunikasi masih bisa, saya masih berhubungan dengan kepala BPBD setempat. Otomatis jika kita bisa komunikasi, listrik disana juga tidak padam," ucap Agus.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Tim SAR menyusuri pesisir Kepulauan Sitaro untuk mencari dan mengevakuasi warga yang masih tertinggal, ke tempat yang lebih aman dari material erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024