Saran Wapres JK untuk Nining, Guru yang Tinggal di Toilet Sekolah

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA - Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat suara soal Nining Suryani, guru honorer di Pandeglang yang tinggal di toilet sekolah. JK meyakinkan bahwa pemerintah sudah berupaya mengangkat guru menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Viral Guru Honorer Lagi Hamil Tua Dipecat Pejabat Sekolah

"Itu sampai 100.000 setiap tahun. Namun juga harus melalui seleksi-seleksi yang baik," kata JK di kantornya di Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2019.

JK yakin Nining juga pasti sudah berusaha untuk mendaftar sebagai PNS. Namun, JK mengingatkan bahwa ada kriteria-kriteria untuk bisa menjadi guru PNS.

Kemendikbud: Guru Honorer Tak Lulus Seleksi PPPK Jangan Berkecil Hati

"Saya yakin Bu Nining ini juga sudah berusaha dengan baik. Namun juga kriteria-kriteria yang ada harus dipertahankan karena kita ingin juga kualitas pendidikan baik," ujar JK.

Nining (44), guru honorer yang tinggal satu atap dengan toilet.

Sertifikat Pendidik di Kriteria PPPK Rugikan Sekolah Swasta

Nining Suryani saat mengajar.

Dia menyarankan Nining mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Apalagi gaji PPPK juga lebih tinggi dari Upah Minimum Regional (UMR).

"Tidak semua itu akan terangkat (jadi PNS). Kalau enggak, dia menjadi guru dengan dasar kontrak. PNS dengan dasar kontrak PNS PPPK," kata JK.

Selama dua tahun terakhir, guru honorer SDN Karya Buana 3, Nining (44), terpaksa tinggal di toilet sekolahnya di Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten. Nining terpaksa tinggal seatap dengan toilet sekolah setelah rumah pribadinya yang hanya sekadar bilik, roboh. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya