Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Sebelum Gempa Bali, Fenomena Apa

Pulau Bali
Sumber :
  • Google Maps

VIVA – Pulau Bali diguncang gempa dengan kekuatan 5,8 SR. Gempa yang terjadi pada pagi hari itu membuat sejumlah warga panik. Puluhan bangunan mengalami kerusakan ringan.

Viral 3 Ton Ikan Keramat Dikubur 

Sebelum gempa terjadi, sejumlah warga menemukan adanya ribuan ikan yang terdampar di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kabupaten Badung. Ikan-ikan itu terdampar di tepi pantai pada malam hari sebelum gempa terjadi. Banyak yang mengaitkan antara terdamparnya ribuan ikan tersebut dengan gempa yang mengguncang Bali. Benarkah ada kaitannya?

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan menampik keterkaitan dua fenomena alam tersebut. Menurutnya, hampir tak ada kaitannya sama sekali antara terdamparnya ribuan ikan tersebut dengan gempa bumi yang mengguncang.

Zodiak Kekasih Terbaik Hingga Jenis Ikan Pemicu Hipertensi

“Saya kira itu fenomena alam yang tidak ada kaitannya sama sekali,” kata Taufik, Selasa 16 Juli 2019. Kendati begitu, Taufik mengakui jika puluhan tahun lalu, tepatnya pada tahun 1975, ketika gempa mengguncang China, tingkah laku ikan menunjukkan perilaku berbeda. Mereka meloncat-loncat keluar dari kolam. Penelitian terhadap perilaku ikan dan gempa bumi pun dilakukan.

Namun, hal itu hanya terjadi sekali dan pada gempa-gempa berikutnya ikan-ikan tak menunjukkan perilaku serupa. Oleh karenanya, Taufik memisahkan dua fenomena alam itu yang kebetulan terjadi secara berdekatan. “Fenomena tingkah laku ikan tidak bisa menunjukkan terjadinya suatu gempa,” katanya.

Hati-hati, Ikan Jenis Ini Ternyata Tingkatkan Risiko Hipertensi

Hingga kini, ia melanjutkan, belum ada alat pendeteksi canggih yang dapat memprediksi terjadinya gempa. Para ahli hanya baru bisa menyimpulkan titik lokasi gempa lantaran berkaitan dengan pergeseran lempeng bumi yang bisa diprediksi dan diteliti.

Ilustrasi daging ikan salmon

3 Jenis Ikan Ini Aman untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau sedang menjaga kadar kolesterolnya disarankan untuk menambahkan ikan-ikanan ke dalam menunya.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022