Otto Hasibuan Cecar Menteri Era Soeharto di ILC

Otto Hasibuan di KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA - Kuasa hukum tersangka kasus korupsi Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) Sjamsul Nursalim, Otto Hasibuan, mencecar Menteri Keuangan era Soeharto, Fuad Bawazier, dalam Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne. Otto memprotes penggunaan istilah 'buron' yang sempat digunakan Fuad karena Sjamsul tak kunjung kembali ke Tanah Air usai menyatakan niat berobat ke Jepang.

Dilantik Jadi Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto Bakal Tuntaskan Kasus BLBI

"Kasus itu sudah SP3, kita bicara konteks hukum sekarang," ujar Otto, Selasa, 16 Juli 2019.

Fuad segera menyanggah dengan mengemukakan konteks pernyataannya adalah historis. "Saya bukan orang hukum juga," ujar Fuad.

Mahfud MD Ungkap Tiga Tugas Jokowi yang Harus Dilanjutkan Menko Polhukam

Selain itu, Otto juga memprotes tudingan Fuad bahwa Sjamsul bisa memengaruhi proses perkara di MA. Otto meminta Fuad tidak sembarangan menuding tanpa menyertakan bukti.

"Jangan tuduh sembarangan, itu bisa menjadi fitnah dan bisa diperkarakan," ujar Otto.

Aset Tommy Soeharto yang Disita Tak Laku-laku, Kemenkeu Bakal Kembali Lelang di 2024

Otto meminta Fuad tidak membuat pernyataan yang terpengaruh oleh sentimen pribadi. "Apalagi kalau ngomong bekas menteri, harus dengan bukti. Kalau dibiarkan, menjadi jelek di masyarakat," ujar Otto.

Fuad kembali mencoba menjelaskan bahwa pernyataannya ada dalam konteks historis saat kasus BLBI terjadi akhir 90-an lalu, hingga awal 2.000-an. Namun, karena Otto terus menekankan supaya Fuad tidak subyektif, Fuad menyerah. Ia menyimpan mik dan enggan berkata-kata lagi.

Menkeu Sri Mulyani.

Kejar Obligor BLBI, Sri Mulyani Bakal Bertemu Menkopolhukam Hadi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kelanjutan Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI).

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024