Tutut Soeharto: Kiprah Ibu Tien Saat Jadi Ibu Negara Banyak Sekali

Siti Hardiyanti Utama.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Siti Hardiyanti Rukmana atau yang disapa Mbak Tutut mengatakan bahwa kiprah mendiang ibundanya, Tien Soeharto, bagi bangsa ini sangat besar sekali. Istri mendiang Presiden Soeharto yang akrab disapa Ibu Tien itu dinilai berperan atas pembangunan sejumlah infrastruktur nasional bagi masyarakat.

Polisi Ungkap Temuan Usai Periksa Penyelenggara Kegiatan di TMII yang Diduga Digagas HTI

"Kiprah beliau antara lain perjuangan dalam membangun Taman Mini Indonesia Indah," ujar Mbak Tutut di kantor Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis 18 Juli 2019. 

Ia menjelaskan, pada saat itu ketika Ibu Tien akan membangun TMII banyak sekali yang menentang. Namun, Ibu Tien berkeyakinan bahwa TMII harus dibangun, karena mewakili tempat-tempat di penjuru nusantara yang harus dikunjungi masyarakat Indonesia. 

Menag Yaqut Buka Suara Soal HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII

Bila warga mengunjungi sendiri tiap-tiap pulau yang ada di Tanah Air, tentu memerlukan waktu yang lama dan biaya yang cukup mahal. 

"Karena itu, ibu membuat replikanya di TMII, dari satu kepulauan, budayanya, adat istiadat, yang bisa dilihat masyarakat Indonesia hanya dalam satu hari," ujar Mbak Tutut. 

HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII, Polisi Akan Periksa Panitia Penyelenggara Acara

Sampai saat ini, kata dia, dengan dibangunnya tempat wisata budaya ini, pengunjung sangat besar dan banyak sekali. Bahkan mendapat penghargaan tempat wisata yang termurah di dunia. 

"Pesan beliau pada kami, jangan sampai harga TMII dimahalkan, karena banyak rakyat kurang mampu untuk melihat itu, kalau dinaikkan tidak ada lagi tempat untuk wisata mereka," lanjut Mbak Tutut. 

Mantan Menteri Sosial itu juga menjelaskan, kiprah lainnya yang telah dibangun oleh Ibu Tien Soeharto selama menjadi ibu negara banyak sekali. 

"Beliau juga membangun berbagai rumah sakit, baik jantung, kanker, ibu dan anak, dan semua itu diperuntukkan bagi masyarakat," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya