PUPR Manfaatkan Bendungan hingga Tangki Air Hadapi Kekeringan

Ilustrasi kekeringan sawah.
Sumber :

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan sudah mengantisipasi kekeringan di beberapa daerah di Indonesia. Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sudah ada tujuh provinsi yang mengalami kekeringan.

BLT El Nino Akan Diberikan Hingga Maret 2024

"Sudah dapat sinyal dari BMKG untuk musim kemarau, PU sendiri mengakomodir dua sektor yaitu agrikultur untuk pertanian dan perkotaan," ucap Basuki di Perpustakaan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2019.

Untuk sektor pertanian, Basuki mengatakan, hanya memanfaatkan 232 bendungan yang ada di Indonesia di antaranya ada bendungan besar dan ratusan bendungan kecil, yang dapat mengairi lahan pertanian seluas 1 juta hektare. 

Negara Kekeringan Likuiditas, Mengapa?

"Untuk pertanian kita memanfaatkan semaksimal mungkin 232 bendungan yang ada, 16 bendungan besar sekali yang masih normal, lalu di atas normal dan di bawah normal yang dapat mengairi 700 ribu hektare lahan," tuturnya. 

"Lalu yang lainnya bendungan kecil untuk mengairi 300 ribu hektare lahan,"  kata dia.

Harga Beras dan Cabai Naik Gegara El Nino, Kemenkeu Optimalkan APBN

Basuki menjelaskan, untuk kekeringan di perkotaan, Kementerian PUPR sudah memiliki beberapa langkah antisipasi. 

"Untuk perkotaan siapkan 1.600-an tangki air ditempatkan di daerah kekeringan, dari PU hanya 260 tangki, selebihnya dari PMI dan PDAM. Lalu, memanfaatkan sumur air tanah dan mengebor 490 sumur dalam rangka kemarau. Manfaatkan 1.000 pompa air yang sudah dikirim," ucap Basuki. 

ilustrasi hubungan seksual

Pakai Pelumas Biar Area Genital Lebih Licin, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Ini

Jenis pelumas tertentu dapat menyebabkan beberapa efek samping yang dapat membuat area kelamin jadi tidak nyaman.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024