Potensi Gempa Selatan Jawa, Masyarakat Cilacap Tak Perlu Mengungsi

Keindahan Pantai Pasir Putih Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto

VIVA – Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, meminta kepada masyarakat di Cilacap, Jawa Tengah, tidak khawatir terkait informasi tsunami karena adanya potensi gempa di Selatan Jawa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Karena itu, masyarakat Cilacap dan sekitarnya tidak perlu takut. Tapi meski begitu, masyarakat yang berada di pesisir pantai harus tetap mengedepankan sikap waspada.

"Tetapi kami meminta agar masyarakat tidak terlalu takut dan khawatir berlebihan, karena malah membuat tidak produktif dan mengganggu aktivitas kehidupan normal. Apalagi mengungsi, maka tidak perlu dilakukan, karena tidak ada dasar untuk melakukan pengungsian," kata Daryono kepada VIVAnews, Minggu 21 Juli 2019.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Lokasi gempa Cilacap 4 Mei 2019

Lokasi gempa Cilacap 4 Mei 2019

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Menurut Daryono, gempa kuat hingga saat ini belum dapat diprediksi kapan terjadinya, di mana lokasinya, dan berapa kekuatannya. Karena itu, jangan mudah percaya dengan yang tidak benar.

"Kapan gempa akan terjadi belum ada yang tahu. Jadi jangan mudah percaya isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Saat ini BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami di Cilacap dan daerah lainnya di Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu takut dan khawatir beraktivitas di pantai.

"Kepada masyarakat di pesisir selatan Jawa tetaplah beraktivitas normal seperti biasa, tetap bekerja, tetap produktif dengan melakukan aktivitas usaha di pantai," ujarnya.

Daryono menegaskan, bahwa BMKG selalu siap untuk memberi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami jika memang terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya