Hutan di Gunung Panderman Kota Batu Kebakaran

Kebakaran di lereng gunung di Jawa Timur.
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya

VIVA – Kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu, 21 Juli 2019. Tim gabungan masih berupaya memadamkan api agar tidak meluas.

Dampak Kebakaran, Sebagian Wisata Gunung Bromo Ditutup

Menurut informasi, api mulai terlihat sejak pukul 19.45 WIB, dan hingga pukul 22.00 WIB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu berserta instansi lain, masih berupaya melakukan pemadaman.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, mengatakan tim gabungan telah bergerak cepat dalam menangani kebakaran hutan ini. Tim terdiri dari BPBD, Perhutani, Polres Batu, TNI, serta relawan.

Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di Gunung Panderman Setinggi 2.045 Mdpl

"Kami lakukan koordinasi di Pos Pantau Gunung Panderman serta melakukan kaji cepat penanganan darurat. Untuk informasi selanjutnya akan kami update setelah ada informasi selanjutnya dari tim kami di lokasi," kata Rochim.

Semua tim reaksi cepat dikumpulkan di Dusun Toyomerto. Sementara tim reaksi cepat yang berada di pos pantau sedang melakukan pendataan pendaki gunung yang sedang berada di kawasan Gunung Panderman.

100 Hektare Lahan Hutan Gunung Arjuno Terbakar

"Pada pukul 21.50 dari informasi TRC PB BPBD yang berada di lokasi kebakaran hutan Gunung Panderman dengan koordinat -7.903614, 112.496581. Untuk saat ini TRC PB BPBD sudah melakukan pendataan pendaki gunung Panderman," ujar Rochim.

Informasi sementara yang diterima oleh tim reaksi cepat BPBD ada 1 grup pendaki berjumlah dua orang yang belum tercatat turun di pos pendakian. Hingga saat ini kedua orang itu belum bisa dihubungi oleh petugas.

"Untuk saat ini TRC PB BPBD sedang mengusahakan untuk menghubungi pendaki dan persiapan untuk evakuasi pendaki. Untuk informasi selanjutnya akan kami update setelah ada informasi selanjutnya dari tim kami di lokasi," ujar Rochim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya