Belasan Rumah Nelayan di Nipah Panjang Jambi Hangus Terbakar

Kampung nelayan di Jambi terbakar.
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution/VIVA.

VIVA – Kebakaran besar terjadi Kelurahan Nipah Panjang 1, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Sebanyak 15 rumah nelayan hangus terbakar.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Informasi dihimpun VIVA, kebakaran tersebut terjadi Selasa pagi, 23 Juli 2019 sekitar pukul 09.30 WIB. Penyebab kebakaran diketahui dari sebuah gudang penampungan ikan milik warga. Api tidak bisa dijinakkan, sehingga menjalar ke rumah warga nelayan lainnya.

Pandi, warga Nipah Panjang mengatakan, kebakaran awalnya kecil dari gudang ikan, namun karena angin kencang membuat api membesar. Saat kebakaran terjadi warga sempat berjibaku memadamkan api. Namun karena air sungai surut, warga kesulitan turun ke sungai mengambil air.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

"Kebakarannya tepat di atas sungai, namun karena air sungai surut warga kesulitan memadamkan api," ujarnya.

Pandi menyebutkan, saat api semakin membesar warga hanya pasrah karena mulai menjalar ke rumah warga lainnya. Warga pun terpaksa mengangkat barang berharga dari dalam rumah agar tidak menghanguskan seisi rumah. Selain itu, sebanyak empat rumah warga lainnya terpaksa dirobohkan untuk menghindari api ke rumah lainnya.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Sementara itu, Eko, seorang warga Tanjabtim mengatakan, api diketahui awal muncul berasal dari gudang penampungan ikan milik salah seorang warga.

"Mayoritas rumah warga yang terbakar merupakan rumah panggung semi permanen dan rumah-rumah tersebut berada di pinggir sungai," ujarnya, Selasa, 23 Juli 2019.

Dari pantauan di lapangan, saat kejadian, kobaran api tiba-tiba membubung tinggi sehingga membuat panik ratusan warga yang bermukim di sekitar lokasi. Warga dibantu anggota TNI Koramil Nipah Panjang dan masyarakat berhasil menjinakkan api tersebut sekitar pukul 12.45 WIB.

Dari peristiwa kebakaran itu, tidak ada korban jiwa. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya