Dramatis, Ibu Muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Evakuasi Kebakaran

Kebakaran di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syarifudin Nasution

VIVA – Musibah kebakaran di Kelurahan Nipah Panjang 1, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, membuat warga panik. Di tengah kepanikan tersebut, seorang ibu rumah tangga bernama Nia (19) yang selamat dari kebakaran sempat melahirkan di atas perahu.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Proses persalinan ini dilakukan saat evakuasi dan dibantu dukun kampung. Informasi dihimpun VIVAnews, awalnya masyarakat tengah berjibaku memadamkan api.

Namun, Nia menjadi prioritas warga untuk dievakuasi karena dalam proses hamil tua. Tapi, saat proses evakuasi, ibu muda tersebut merasakan nyeri pada bagian perut saat hendak dievakuasi.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

Melihat keadaan tersebut warga yang mengevakuasi langsung meletakkan ibu muda tersebut di sebuah perahu serta memanggil seorang dukun kampung.

Salah seorang warga, Sugianto mengatakan, proses persalinan yang berjalan dramatis tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Jasad Polisi Ditemukan di Kamar Penginapan, Polda Lampung Amankan Pelakunya

"Tidak tahu pasti juga bang dari rumah mana ibu itu. Yang jelas saat dievakuasi ibu tadi langsung kontraksi dan tidak ada pilihan selain persalinan darurat di kapal yang dibantu dengan dukun kampung sekitar," ujarnya, Selasa, 23 Juli 2019.

Menurut dia, ibu muda tersebut melahirkan seorang anak laki-laki dengan berat badan 3 kilogram. Kondisi bayi dalam keadaan selamat. Sementara itu, ibunda bayi, Nia, tengah mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari pihak terkait.

"Semua proses evakuasi ibu yang melahirkan di atas perahu selamat," katanya.

Terpisah, Nia mengakui saat api berkobar besar, perut mulai terasa sakit saat proses evakuasi dilakukan. Ia pun langsung dipapah menuju perahu yang merupakan lokasi terdekat.

"Saya langsung dievakuasi warga ke perahu pompong, namun karena mulai sakit terasa, akhirnya (bayi) saya lahir," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya