Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Bali saat Hari Raya Galungan

Ilustrasi Episentrum gempa di Denpasar Bali
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Bali pukul 08.29 WITA, Rabu 24 Juli 2019. Pusat gempa dilaporkan berlokasi di 8.98 Lintang Selatan, 114.17 Bujur Timur, atau 84 kilometer barat daya Jembrana, Bali, dengan kedalaman 71 kilometer.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa dirasakan di Kuta dengan skala IV MMI, Denpasar III MMI, Banyuwangi III MMI, Jember III MMI, Gianyar II MMI, Tabanan II MMI, dan Lombok Utara II MMI.

Belum ada laporan kerusakan sejauh ini. "Kami sedang melakukan assesment ke semua daerah (kabupaten/kota se-Bali) untuk memastikan kondisi di masyarakat terkait dampak gempa yang baru saja terjadi," kata I Made Rentin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali, kepada VIVAnews, Rabu, 24 Juli 2019.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Laporan sementara yang dia terima melalui radio komunikasi, situasi terpantau aman terkendali. "Aktivitas wisatawan terpantau ramai lancar. Aktivitas operasional bandara tetap normal. Kegiatan masyarakat yang melakukan aktivitas persembahyangan Hari Raya Suci Galungan tetap berjalan lancar," katanya.

BPBD Bali mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak resah, apalagi panik. Ikuti arahan petugas dan hanya percaya dengan informasi resmi yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, yakni BPBD dan BMKG, mengingat banyaknya informasi berita hoaks. [mus]

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024