180 Ribu CPNS Siap Layani Masyarakat Seluruh Indonesia

President Lecturer, acara pembekalan untuk para CPNS.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA –  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengadakan acara Presidential Lecture untuk para Calon Pegawai Negeri Sipil 2018. 

Pemkot Malang Siapkan THR Rp29 Miliar untuk Para ASN

Dalam sambutannya, Menteri Pan-RB Syafruddin mengatakan, di tahun ini terdapat 180.624 orang CPNS yang akan bekerja di 75 Kementerian/Lembaga, dan 525 Pemerintah Daerah. 

"Dalam rekruitmen tahun 2018, terdapat 180.624 CPNS dalam 75 kementerian dan lembaga, 525 Pemda. Dalam rekruitmennya, yang terpilih dalam jalur umum sebanyak 164.783 orang dan formasi khusus sebanyak 15.841," ucap Syafruddin di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

PKS Minta Pembatasan Anggota TNI dan Polri Jadi Pejabat Sipil

Selain itu, Syafruddin mengatakan bahwa dalam rekrutmen ini para CPNS yang terpilih dari dua jalur tersebut terdapat beberapa mekanisme yaitu jalur umum, cum laude, diaspora, olahragawan hingga CPNS penyandang disabilitas.

"Dari dua jalur rekrutmen di antaranya para CPNS terdapat dari mekanisme lulusan cum laude 6.307 orang, disabilitas 1.808, putra putri papua 604 orang, diaspora 23 orang, olahragawan kejuaraan internasional 287 orang dan mantan Tenaga Honorer 6.812 orang," ujarnya memaparkan.

Anies Senang Idenya Soal Cuti Ayah Jika Istri Melahirkan Diterapkan Pemerintah

Dengan banyaknya CPNS 2018 ini, Syafruddin berharap dapat menjembatani sekaligus menginternalisasi visi presiden, terkait perjalanan birokrasi kepemerintahan dalam melaksanakan program-program prioritas untuk pertumbuhan dan pembangunan.

"Melalui kegiatan ini, karakter dan cara bekerja CPNS, dimutakhirkan secara masif dalam frekuensi yang utuh, karena arahan bapak wakil presiden akan langsung diterima oleh para CPNS dan PNS," kata Syafruddin.

Acara Presidential Lecture 2018 ini diadakan kedua kalinya, untuk memberikan pemahaman dan pembinaan kepada CPNS agar menghasilkan Aparatur Sipil Negara yang berkualitas dan profesional. 

Acara ini diikuti oleh 7000 peserta dari berbagai lembaga dan kementerian yang ada di Indonesia. [mus]
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya