Sesmenpora Gatot Dewa Broto Diperiksa KPK soal Dana Hibah KONI

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, Jumat, 26 Juli 2019. Namun pemeriksaan ini masih di tahap penyelidikan.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pemeriksaan Gatot berkaitan pengembangan kasus dugaan suap dana hibah dari pemerintah terhadap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) melalui Kemenpora.

"(Gatot Dewa Broto) dibutuhkan keterangannya dalam pengembangan perkara di Kemenpora," kata Febri saat dikonfirmasi awak media, Jumat, 26 Juli 2019.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Dalam kasus ini, Sekretaris Jenderal KONI Ending Fuad Hamidy dituntut 4 tahun penjara dan denda Rp150 juta, sedangkan Bendahara KONI Johnny E Awuy dituntut 2 tahun dan denda Rp100 juta.

Keduanya dianggap Jaksa KPK terbukti memberi suap Rp 400 juta, satu unit Toyota Fortuner, dan satu unit ponsel kepada Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mulyana.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Suap ini sebagai pemulus dana hibah pelaksanaan tugas pengawasan dan pendampingan program peningkatan prestasi Olahraga Nasional pada multi event Asian Games ke-18 dan Asian Para Games ke-3 pada 2018 senilai Rp 30 Miliar dan kedua, dana pengawasan dan pendampingan seleksi calon atlet dan pelatih atlet berprestasi tahun 2018 sejumlah Rp 17,971 Miliar.

Pada perkara tersebut, Menpora Imam Nahrawi juga sudah diperiksa KPK pada tahap penyidikan maupun di persidangan. (ren)
 

Pemain Timnas Indonesia U-23

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Australia pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024