Sistem Pajak E-Commerce Bakal Dibahas di WCO, Ini Respons JK

Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla merespons baik akan diselenggarakannya World Customs Organization (WCO) Global Conference Meeting 2020 di Indonesia.

Beda Penafsiran Permendag 31/2023 Jangan Bikin Rezeki UMKM Seret, Ini Penjelasannya

Pertemuan itu akan membahas mengenai kendala dalam sistem kepabeanan atau perpajakan global, khususnya pada transaksi barang tidak berwujud. Seperti transaksi software, film, buku digital dan sebagainya.

"Seperti halnya pada tahun 2018, Indonesia juga telah menyelenggarakan Konferensi Internasional World Bank dan IMF," kata JK dalam keterangan persnya, Jumat, 26 Juli 2019.

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Negara yang telah menerapkan sistem perpajakan pada transaksi e-commerce atau barang yang tidak berwujud, di antaranya adalah India dan Afrika Selatan. 

JK berharap ada pengkajian sistem tersebut di Indonesia. "Perlu sistem dan pengelolaan yang baik khususnya terkait dengan pajak bea masuk," ujar JK.

Realme C51s Mendadak Muncul di Pasar Indonesia, Harganya Enggak Nahan

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mencontohkan, Indonesia selama ini sudah punya sistem bea dan cukai yang baik. Dia menilai, Indonesia tepat dijadikan pusat pelatihan bea dan cukai.

"Indonesia telah mendapat dukungan WCO dan Presiden WCO Asia Pasifik untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat pelatihan bea dan cukai Asia Pasifik selama 3 tahun pada tahun 2020 sampai dengan 2022," kata Sri.
 

E-commerce.

Migrasi TikTok Shop dan Tokopedia Dinilai Bikin E-Commerce Makin Dinamis, Ini Penjelasannya

Proses migrasi sistem elektronik TikTok Shop ke Tokopedia dipastikan sudah hampir rampung, jelang masa deadline yang bakal berakhir pada April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024