Logo timesindonesia

Gubernur Anies: Rumah DP 0 Tak Meleset Dari Target

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Program Rumah Down Payment Rp 0 (Rumah DP 0) yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali mencuat di masyarakat khususnya Ibu Kota.  

Hal ini disebabkan adanya warga yang mendaftar diri untuk memiliki bangunan Rusunami Klapa Village yang bertempat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur dengan kemampuan ekonomi yang terbilang memadai atau mampu. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswredan mengatakan, sejatinya program tersebut ditargetkan Pemprov DKI Jakarta bagi masyarakat yang berkategori masyarakat berpenghasilan rendah (MRB) dengan penghasilan Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per keluarga. 

"Nantinya akan direview sesuai dengan persyaratannya. Karena itulah kenapa kita menggunakan kriteria, supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriterianya," ucap Gubernur Anies di Kolase Kanisius, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/3/2019).

Lanjutnya, orang nomor satu di DKI Jakarta ini meyakini, Pemprov DKI Jakarta telah menempatkan sasarannya terhadap mereka yang berhak mendapati subsidi rumah tersebut. "Sesuai dengan kriteria," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) ini.

Sementara itu, dengan adanya pendaftar yang terbilang masyarakat dengan kategori ekonomi mampu. Gubernur Anies menilai bahwa program tersebut terbilang sukses digencarkan Pemprov DKI Jakarta. 

Sebab, Gubernur Anies menilai sosialisasi Rumah DP 0 selama ini yang digencarkan Pemprov DKI Jakarta telah sampai ke ranah masyarakat. "Itu diceritakan sebagai indikasi bahwa banyaknya peminat, bukan berarti ada penyimpangan. Ternyata yang punya mobil bagus pun berminat," ucapnya.