Migrasi, Puluhan Ribu Ikan Australia Terdampar di Garut

Para nelayan dan warga sekitar pantai turun untuk memunguti ikan-ikan yang terdampar di pesisir Pantai Taman Manalusu, Kecamatan Cikelet, Kabupateb Garut, Jawa Barat, Minggu pagi, 28 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Puluhan ribu ikan jenis hejo tonggong (Decapterus nusseli) dilaporkan terdampar di pesisir Pantai Taman Manalusu, Kecamatan Cikelet, Kabupateb Garut, Jawa Barat. Para nelayan dan warga sekitar pantai turun untuk memunguti ikan-ikan yang terdampar hingga ke daratan pantai.

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Menurut seorang, Sobri (55 tahun), ikan hejo tonggong memang tiap tahun terdampar di sepanjang Pantai Garut Selatan, salah satunya di Pantai Taman Manalusu. Tahun ini ikan hejo tonggong mulai muncul, Jumat malam, 26 Juli 2019.

"Jumat malam ikan hejo tonggong sangat melimpah hingga sepuluh ton untuk di Taman Manalusu. Kalau tadi malam agak sedikit, " ujarnya, Minggu pagi.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Warga menyebut ikan yang datang setahun sekali itu dengan sebutan hejo tonggong karena bagian punggungnya berwarna hijau. Puluhan ribu ekor ikan bermigrasi dari perairan dingin Australia ke perairan hangat pesisir pantai Samudera Hindia, kemudian kandas dan terdampar pada bentangan Pantai Garut Selatan.

Selain bermigrasi mencari air hangat, ikan hejo tonggong, dan ikan cakalang, mencari perairan dengan salinitas atau kadar garam tinggi.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Aparat turut memantau fenomena ikan-ikan migrasi itu sekalian mengawasi aktivitas warga. Banyak nelayan dan warga sudah berada di sekitar pantai untuk berburu ikan hejo tongong dan kemudian diolah menjadi ikan asin. Sebagian besar hasil olahan dijual di pasar dan sebagian lainnya dikonsumsi sendiri.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut AKP Triandri mengimbau para nelayan dan warga selalu berhati-hati saat berburu ikan tonggong hejo agar terhindar dari kecelakaan akibat gelombang pantai. "Kami terus ingatkan nelayan dan warga, boleh berburu ikan tonggong hejo di tepi pantai saja," ujarnya.

2 siswa Indonesia meraih emas di kompetisi matematika dan bahasa Inggris dunia.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Selain juara kompetisi matematika internasional, siswa Indonesia lainnya juga berhasil meraih medali emas di kompetisi Bahasa Inggris bagi pelajar dari berbagai negara.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024