Logo timesindonesia

Kemenag Kirim 54 Petugas Haji Tambahan ke Arab Saudi

Petugas haji tambahan yang diberangkatkan ke Arab Saudi dari Kemenag RI. (FOTO: Kemenag)
Petugas haji tambahan yang diberangkatkan ke Arab Saudi dari Kemenag RI. (FOTO: Kemenag)
Sumber :
  • timesindonesia

Kemenag (Kementerian Agama) RI menambah 54 petugas haji ke Arab Saudi untuk melayani JCH Indonesia di sana. Petugas tambahan ini telah diberangkatkan Senin (29/7/2019) dan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah petang hari.

Para petugas yang tergabung dalam PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) 2019 itu terdiri dari berbagai unsur dan instansi. Mulai dari Kemenag sendiri, nkepolisian, TNI, perguruan tinggi, sampai organisasi masyarakat (ormas).

Begitu tiba di Mekah mereka disambut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali, Ketua PPIH Arab Saudi, Endang Jumali dan Sekretaris PPIH Arab Saudi, Noer Alya Fitra.

Nizar Ali mengatakan, petugas tambahan ini akan langsung disebar secara operasional untuk sementara menjelang wukuf di Arafah. "Jadi semuanya sementara akan kita tempatkan di Mekah," ujarnya.

Petugas tambahan ini juga akan bekerja pada pelayanan umum, akomodasi, konsumsi, perlindungan jemaah (linjam) dan administrasi.

Setelah masa puncak haji selesai, akan ada perubahan penempatan bagi petugas tambahan ini. Sebagian tetap berjaga di Mekah dan lainnya ke Madinah. Pergeseran itu demi mengoptimalkan layanan, terutama saat masa kepulangan jemaah haji.

"Kami kemarin sudah diberi training dan briefing dari Sekretaris Dirjen dan Direktur Bina Haji. Kami memang diharapkan membantu jemaah dalam melaksanakan ibadah haji intinya seperti itu," ujar Ketua Rombongan petugas tambahan ini, Muhammad Mukmin Timoro.