Logo timesindonesia

Pakai Baju Berwarna Gelap saat Cuaca Panas Lebih Baik?

ILUSTRASI - Memakai Baju Berwarna Gelap saat Cuaca Panas. (FOTO: Facetofeet.com)
ILUSTRASI - Memakai Baju Berwarna Gelap saat Cuaca Panas. (FOTO: Facetofeet.com)
Sumber :
  • timesindonesia

Saat cuaca panas, Anda lebih suka memakai baju berwarna gelap atau terang? Ternyata warna baju yang digunakan saat cuaca panas bisa berpengaruh pada tubuh, lho. Pemakaian baju dengan warna yang tepat dapat menjadi solusi lain agar menjaga suhu tubuh tetap normal pada cuaca panas, selain menjaga asupan cairan.

Seperti dilansir Medical Daily, baju berwarna lebih gelap akan menjaga suhu tubuh Anda tetap dingin dalam menghadapi cuaca panas. Alasannya, warna pakaian yang gelap bisa menyerap lebih banyak cahaya dan memungkinkan mengambil lebih banyak panas dari matahari serta panas dari tubuh.

Angin juga bisa membuat tubuh lebih dingin bagi mereka yang mengenakan pakaian gelap, terutama pakaian berbahan kaus. Anda juga disarankan menggunakan pakaian longgar untuk memberikan ruang bagi kulit sehingga dapat merasakan udara.

Pakaian berwarna putih memang terasa menjaga suhu tubuh Anda tetap normal dalam cuaca panas walau tidak sama mekanismenya seperti pakaian gelap.

Pakaian berwarna terang, apalagi putih, memantulkan sinar matahari kembali ke lingkungan sehingga tidak membuat Anda lebih dingin. Pakaian terang memantulkan panas tubuh kembali ke kulit. Mekanisme itu mengikuti prinsip benda berwarna lebih terang menyerap lebih sedikit foton.

baju berwarna gelap, misalnya kemeja hitam bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk cuaca panas karena juga melindungi tubuh terhadap ultra-violet. Semakin gelap warna pakaian, semakin banyak perlindungan yang diberikan. Tapi, hal sebaliknya terjadi pada pakaian berwarna terang. (*)